h1

Tirakatan Peringatan 4 Tahun Gempa Jogja

26/05/2010

Terbuka Untuk Umum.

Telah 4 (empat) tahun sudah berlalu peristiwa bencana Gempa Bumi Tektonik 5,9 skala Richter yang melanda wilayah dan masyarakat Provinsi DI Yogyakarta dan sekitarnya. Peristiwa 27 Mei 2006 tersebut mengandung demikian banyak makna dan pelajaran yang dapat dipetik karena telah mengubah perikehidupan masyarakat Provinsi DI Yogyakarta secara mendasar dalam semua aspeknya, baik fisikal, sosial, kultural, ekonomis, hingga politis.

Dalam rangka memperingati/mengenang dan merefleksikan untuk memetik hikmah-hikmah pembelajaran dari peristiwa bencana tersebut, Forum PRB-DIY (Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta) bekerja sama dengan JRF (Java Reconstruction Fund) berencana untuk menyelenggarakan kegiatan:

Malam Tirakatan Memperingati Catur Warsa Bencana Gempa Bumi
Daerah Istimewa Yogyakarta, 27 Mei 2006 – 2010
Hari/Tanggal: Rabu, 26 Mei 2010
Pukul: 20.00-24.00 WIB
Tempat: Komplek Museum Benteng Vredeburg, Jl. Jenderal A. Yani No. 6 Yogyakarta

Tujuan:
1. Mengenang 4 (empat) tahun peristiwa bencana Gempa Bumi Yogyakarta 27 Mei 2006 sebagai pelajaran berharga yang telah mengubah wajah wilayah dan komunitas DI Yogyakarta secara multidimensional (natural, sosial, politikal, ekonomis, kultural, spiritual, dll.).
2. Menyelenggarakan suatu wahana introspeksi bersama atas adanya pelbagai ancaman/bahaya bencana yang mesti dikelola, masih banyaknya kerentanan yang mesti diturunkan, serta sangat pentingnya meningkatkan kemampuan guna mengurangi risiko bencana di wilayah dan pada komunitas DI Yogyakarta.
3. Mengembangkan budaya keselamatan melalui penggalakan upaya-upaya pencegahan/prevensi, penjinakan/mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini terhadap risiko bencana yang merevitalisasi nilai-nilai lokalitas di wilayah dan pada komunitas DI Yogyakarta.
4. Memperkuat komunikasi dan kerja sama di antara para pihak pemangku kepentingan dalam menjaga keberlanjutan prakarsa gerakan pengurangan risiko bencana di wilayah dan pada komunitas DI Yogyakarta.

Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (Forum PRB DIY) adalah wadah yang menyatukan organisasi pemangku kepentingan (multi stakeholders) Daerah Istimewa Yogyakarta yang bergerak dalam mendukung upaya-upaya pengurangan risiko bencana (PRB) di wilayah DI.Yogyakarta. Sebagai Platform Pengurangan Risiko Bencana di tingkat provinsi yang menyediakan mekanisme koordinasi untuk meningkatkan kolaborasi dan koordinasi berbagai pemangku kepentingan dalam keberlanjutan aktivitas-aktivitas pengurangan risiko bencana melalui proses konsultatif dan partisipatif yang selaras dengan pelaksanaan kerangka kerja pengurangan risiko bencana sebagaimana ditetapkan kebijakan nasional.

SEKRETARIAT
Kantor Badan Kesbanglinmas Provinsi DI Yogyakarta
Jl. Jend. Sudirman 5, Yogyakarta 55233 – INDONESIA
Telefon/Faksimili: (0274) 554427
E-mail: forumprb@gmail.com
URL: http://www.fprb.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: