h1

Sri Mulyani akan Menjadi Orang Nomor 2 di Bank Dunia

05/05/2010

Nograhany Widhi K – detikFinance

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menjadi Managing Director Bank Dunia per 1 Juni 2010. Itu adalah posisi tertinggi ke-2 di Bank Dunia, setelah Presiden yang dijabat Robert Zoellick.

Dengan posisi yang cukup penting dan membanggakan tersebut, Presiden SBY pun merelakan Sri Mulyani untuk meninggalkan posisinya sebagai Menteri Keuangan.

“Bank Dunia menyampaikan niatnya baik kepada ibu Sri Mulyani maupun kepada saya selaku Presiden RI untuk mengangkat Sri Mulyani menjadi Managing Director di Bank Dunia, jabatan nomor 2 di organisasi tersebut,” jelas Presiden SBY dalam konferensi pers di kantor presiden, Jakarta, Rabu (5/5/2010).

Namun Presiden SBY mengaku dirinya harus menunggu permintaan resmi atau surat dari presiden Bank Dunia Robert Zoellick untuk mengetahui posisi peran dan penugasan apa yang akan diberikan kepada Sri Mulyani. Dan setelah bertemu dengan Zoellick, SBY pun akhirnya memberikan persetujuan.

“Respons saya adalah, saya setujui setelah mendengarkan permohonan dari ibu Sri Mulyani Indrawati untuk menjabat sebagai Managing Director di Bank Dunia,” tegas Presiden.

Sebelum ditawari posisi sebagai Managing Director Bank Dunia, Sri Mulyani juga pernah menjadi Direktur Eksekutif di IMF pada periode 2002-2004. Selain berkali-kali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia.

Bank Dunia pun memberikan apresiasi atas sejumlah prestasi Sri Mulyani yang dianggap sukses menggawangi perekonomian Indonesia saat melalui krisis finansial. Bank Dunia pun memuji Sri Mulyani sebagai wanita yang piawai di bidang ekonomi.

“Sri Mulyani Indrawati memiliki kombinasi yang unik antara kemampuan dan pengalamannya untuk Grup Bank Dunia, dari suatu titik yang menguntungkan dari negara berpendapatan menengah yang masih menghadapi tantangan kemiskinan yang signifikan. Dia telah dikenal secara global untuk kesuksesannya melawan korupsi dan memperkuat good governance,” ujar Zoellick.

“Saya senang bisa mengumumkan penunjukan Sri Mulyani. Dia telah menjadi menteri Keuangan dengan pengetahuan yang dalam baik dalam pengembangan isu dan peran Grup Bank Dunia,” imbuhnya.

(qom/dnl)

One comment

  1. tambah mantaf apa berarti ibu sri muliani itu… bole….bole…bole…bole….



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: