h1

Reevu MSX1, Helm dengan Spion Terintegrasi

05/05/2010

http://bennythegreat.wordpress.com

Pandangan ke arah belakang sangat berguna untuk mengambil keputusan saat bermanuver. Dalam beberapa diktat training berkendara aman, diajarkan metode SEE (Search, Evaluate, Execute). Prinsip dasar dari SEE adalah aware (waspada) setiap saat terhadap kondisi sekeliling sewaktu berkendara dan mampu bertindak tepat demi keselamatan.

pandangan kebelakang tidak harus alay kaya gini..

Blindspot (daerah tak terlihat) pada kendaraan dapat dikurangi (bukan dihilangkan) dengan memakai kaca spion (rear view mirror). Kaca spion yang merupakan kaca cembung ini memberikan pandangan ke arah belakang sampai dengan sudut tertentu ke arah samping. Ini membantu pengandara mengambil keputusan saat hendak bermanuver.

rear view sight

Pada mobil terdapat 3 kaca spion untuk mengurangi blind spot (kiri, kanan, tengah, sementara pada motor hanya ada sepasang. Pengendara motor memiliki daerah blindspot pada bagian tengah-belakang. Pada lalu-lintas yang padat seperti di kota besar, kewaspadaan akan manuver pengendara lain haruslah sangat tinggi termasuk memantau daerah blind spot di sekeliling.

Spion Tengah di Mobil

Ketiadaan alat reduksi blindspot ini ditanggapi oleh Reevu, produsen helm dari Inggris dengan membuat Reevu MSX1, helm dengan rear view mirror yang terintegrasi. Metode reduksi blindspot pada helm ini menggunakan kaca reflektor yang dapat diatur secara mekanis, prinsip kerjanya mirip periskop pada kapal selam.

Bagaimana situasi pandangan dari dalam helm? Berikut foto-fotonya yang diambil dari website Reevu.

Pandangan RVM Helm Reevu-1

Pandangan RVM Helm Reevu-2

Pandangan RVM Helm Reevu-3

Cukup inovatif, namun dapatkah helm ini dijual di Indonesia? Mari kita bahas.

Dari aspek legal, helm impor seperti ini harus memenuhi SNI 1811-2007, sementara menurut website Reevu, helm produksi mereka telah sesuai dengan standar homologasi Eropa yaitu ECE-ONU 22-05. SNI mengambil referensi juga dari ECE.

Referensi SNI 1811-2007 juga dari ECE

Bagaimana dengan fitur spion terintegrasi?

Tidak ada pasal di dalam UU no.22/2009 yang melarang helm dilengkapi kaca spion seperti helm Reevu ini. Satu-satunya pasal yang relevan adalah pasal yang mengatur penggunaan spion yaitu pasal 285 mengenai kelengkapan kendaraan bermotor.

Pasal 285 UU no.22/2009

Pasal relevan yang lain adalah pasal 106 dan 283 mengenai konsentrasi saat berkendara yang tidak boleh terganggu. Apakah rear view mirror Reevu MSX1 mengganggu konsentrasi? Belum tentu, tapi jika menilik attitude sebagian besar pengendara motor di Indonesia, bisa jadi ada kasus dimana rear view mirror tersebut terlalu asyik dipandangi sehingga merusak konsentrasi, karena belum pernah ada helm dengan spion internal sebelumnya.

Pasal 106 UU no.22/2009
Penjelasan Pasal 106 UU no.22/2009
Pasal 283 UU no.22/2009

Ane sendiri menanti hadirnya helm ini di Indonesia, bagaimana menurut anda?

foto: dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: