h1

Batara Sakti Indonesia

18/08/2010

BATARA SAKTI INDONESIA ( BSI )

(KERABAT DIRGANTARA SAHABAT KARIB SEJATI)

Salam Komunikasi : SALAM SATU HATI SATU JIWA (TUTI SAJIWA)

M o t t o               : MESRA DIUDARA, AKRAB DIDARAT, ABADI DIHATI

IDE DASAR

Ide Dasar pembentukan Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA (BSI) adalah adanya sebuah KENYATAAN bahwa pengguna radio komunikasi personal di Indonesia ini yang TIDAK BERIZIN jauh lebih besar dari yang BERIZIN , prosentasenya 30% berizin (RAPI & ORARI) sementara yang 70% justru tidak berizin .

Apabila potensi mereka itu bisa terwadahi secara nasional niscaya akan sangat bermanfaat bagi Masyarakat dan Pemerintah , karena umumnya para pengguna frekwensi radio memiliki kepedulian sosial yang tinggi , dan potensi itulah yang ingin diakomodir oleh BATARA SAKTI INDONESIA , yang pada gilirannya bisa menjembatani Pemerintah agar kepada para pengguna alat komunikasi radio anggota BATARA SAKTI INDONESIA tersebut bisa mendapatkan Izin Komunikasi Personal.

VISI & MISI .

BATARA SAKTI (Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati) INDONESIA merupakan wadah secara Nasional dari para pengguna frekwensi radio , baik para Amatir Radio (punya IAR) , Komunikator (punya IKRAP) , Paguyuban / Komunitas maupun para simpatisan pengguna frekwensi radio.

Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA dikelola atas dasar azas Kebersamaan , Kesetaraan , Saling menghargai dan menghormati antar sesama .

Tujuannya adalah pemberdayaan potensi dari para pengguna alat komunikasi radio agar lebih bermanfaat bagi Masyarakat , utamanya ketika terjadi situasi emergency seperti ketika terjadi bencana alam , terjadi musibah disuatu tempat , membantu komunikasi untuk keperluan Pemerintah setempat.

Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA adalah sebuah perkumpulan sosial kemasyarakatan non profit (nir laba) , mandiri , tidak berafiliasi dengan salah satu kekuatan politik manapun (non partisan).

SIMULASI TANYA JAWAB SEPUTAR BSI

1. Tanya: Kenapa sich ?? kok ada BATARA SAKTI segala ??? kan sudah ada RAPI dan       ORARI ???

Jawab: Itu betuuulll !!!

Munculnya BATARA SAKTI INDONESIA (Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati) berangkat dari KEPEDULIAN ATAS SEBUAH KENYATAAN , bahwa pengguna radio komunikasi YG BELUM / TIDAK BERIZIN jumlahnya JAUH LEBIH BESAR ketimbang yg sudah berizin.

Karena itulah BATARA SAKTI Indonesia mewadahi semua unsur pengguna frekwensi radio perorangan , baik yg Izinnya masih valid maupun yg belum berizin untuk beraktivitas sosial bersama dalam suasana kebersamaan , kesetaraan , saling menghormati dan saling menghargai.

2. Tanya         : Berarti BATARA SAKTI itu Illegal ya ???

Jawab         : Sebenarnya didalam beraktivitas sosial dan bermanfaat positif bagi orang banyak , tidak perlu kita berkutat pada masalah Legal dan Illegal

Contoh : Keluarga besar BSI secara suka rela dan spontan membantu masayarakat yg kebanjiran …… apakah niat itu harus dibatalkan dan dianggap tidak sah ??? hanya karena yg beraktivitas itu kumpulan orang-2 yg dianggap Illegal ???

3. Tanya         : Apakah BSI itu Barisan Sakit Hati , ingin buat Tandingan dsb ???

Jawab         : Pandangan tsb SALAH BESAR , karena berdirinya BSI justru berawal dari KEPEDULIAN dari para pengguna frekwensi yg IZIN nya masih valid dan terjadi secara spontan ketika mereka berkomunikasi lewat udara , khususnya lewat GATEWAY , mereka PEDULI ATAS SEBUAH KENYATAAN , bahwa yg belum berizin dan jumlahnya sangat besar itu perlu DIWADAHI & DIARAHKAN untuk hal positif.

4. Tanya         : Apakah BSI bukan hanya sekedar sensasi dan mencari simpati ???

Jawab         : BSI didirikan bukan untuk mencari simpati …. Tetapi untuk MEWADAHI.

Jadi teman-2 yg bersimpati dengan wadah BSI dan merasa cocok dengan tujuan baik dari BSI , lalu menyatakan bergabung dengan BSI…

Sebagai gambaran ….. seminggu sesudah diluncurkan di FB , sudah lebih dari 500an teman bergabung di grup tsb …… dan sudah lebih dari 50 orang teman dari 16 Propinsi menyatakan bersedia menjadi PERINTIS BATARA SAKTI INDONESIA di Propinsi masing-masing.

5. Tanya         : Kalau Organisasi Radio yg lain (contoh : RAPI) didirikan oleh Pemerintah , bagaimana dengan BATARA SAKTI ???

Jawab         : Pada waktu itu th. 1980 memang YANG PUNYA INISIATIF adalah Pemerintah Indonesia , setelah melihat kenyataan para pengguna frekwensi radio diluar para Amatir radio juga sangat banyak , mereka juga Illegal , sehingga perlu dibuatkan wadah , yaitu  RAPI.

Sekarang , sesudah 30 tahun kemudian , ternyata (adalah sebuah kenyataan) , pengguna yang tidak berizin jumlahnya jauh lebih besar dari yang berizin ….. dan sekarang yang PEDULI atas keadaan tsb adalah masyarakat Indonesia Pengguna frekwensi komunikasi radio , yaitu yg tergabung didalam BATARA SAKTI INDONESIA ….. apakah kepedulian ini salah ???

Karena kepedulian itu berasal dari masyarakat , tentunya BSI juga akan mengikuti aturan undang-undang untuk mendirikan sebuah PERKUMPULAN dimana  hal tsb juga diperbolehkan dan dijamin oleh Undang-undang.

Dalam waktu yg tidak lama (sesudah segala persiapan tertata beres) BSI akan di Legalkan dengan AKTE NOTARIS , kemudian akan didaftarkan kepada Depkumham untuk di registrasi.

Pada gilirannya , Pengurus Besar BSI tentu akan mendaftarkan semua warga yg tergabung didalam BSI kepada Kementerian terkait (Kominfo) untuk dimintakan solusinya , dan kami yakin….. Kominfo akan memberi solusi terbaik ………, tidak akan membungkam para anggotanya , apa lagi membumi hanguskan wadahnya.

6. Tanya         : Bagaimana dengan Callsign YZ ??? apa itu bukan pelanggaran ??? dan ngebriknya di frekwensi berapa ??? , Kalau di GATEWAY bagaimana ??

Jawab         : Tidak ada yang dilanggar sama sekali.

YZ (Yankee Zulu) atau lainnya adalah kode Panggilan yang lazim digunakan didalam komunitas radio komunikasi , tujuannya untuk efisiensi penyebutan nama seseorang didalam berkomunikasi. YZ bukan callsign tapi Kode Keanggotaan di BSI

Sebelum seseorang menggunakan kode panggilan / kode keanggotaan YZ …. Wajib menyerahkan biodata yang valid seperti Fotokopi KTP dan pasfoto kepada Pengurus maupun Koordinator BSI setempat , melalui berbagai sarana seperti : Pos , Fax , Email untuk dimasukkan didalam database , sebagai bentuk pertanggungan jawab atas  penggunaan kode keanggotaan YZ tsb.

Pemilihan kode panggilan YZ….. juga tidak asal-asalan , Pengurus Besar BSI telah menelusuri didalam ITU , dan ternyata YZ belum dipergunakan untuk kode panggilan komunitas komunikasi di negara manapun ….  pemilihan kode YZ juga tidak ada hubungannya dengan ORARI dan RAPI.

Ngebriknya …. , kalo memakai kode panggilan YZ tentunya harus diluar band ORARI & RAPI …(utk di VHF diluar 142.000—143.600 dan 144.000—148.000)

Ngebrik di Gateway juga tidak masalah , sepanjang untuk ID nya harus mengikuti aturan yang diterapkan OLEH YG EMPUNYA SERVER dan didalam berkomunikasi tidak perlu menyinggung organisasi komunikasi yg lain.

Sementara ini , komunikasi via Gateway yg banyak digunakan adalah melalui server milik perseorangan (mas Deny Hidayat) , cadangannya milik Amikom …. Jadi yg berkomunikasi melalui server tsb semua nebeng kepada mas Deny Hidayat atau Amikom …. Mudah-2an nanti BSI segera punya server sendiri….. dan perlu diketahui , keberadaan SERVER komunikasi itu juga belum diatur melalui sebuah Undang-2. BSI sekarang juga lagi uji coba Server , yaitu  : eqso.batarasakti.com ….. port : 10024 ….. room : MAKO PUSAT

7. Tanya         : Bagaimana dengan yg sudah tergabung didalam ORARI dan RAPI ???

Jawab         : Tidak ada masalah sama sekali.

BSI mewadahi semua warga masyarakat pengguna komunikasi radio untuk beraktivitas sosial bersama , atas dasar Kebersamaan , Kesetaraan , Saling menghormati , Saling menghargai.

Ibaratnya , punya KTP dari manapun tidak ada masalah beraktivitas sosialnya lewat BSI … tidak ada larangan to ?? seseorang ber KTP suatu kota tidak ada larangan beraktivitas dikota lain ???

8. Tanya         : Kenapa Nomor urut Propinsi tidak berurutan secara sistematis ??

Jawab         : Nomor Urut Propinsi di BSI memakai nomor urut kapan waktunya ada salah satu personel dari Propinsi tsb mulai bergabung di BSI.

9. Tanya         : Kenapa pemberian nama panggilan (YZ……) bisa semaunya ???

Jawab         : Untuk 1000 pendaftar pertama disebuah Propinsi diberikan kebebasan untuk memilih nama panggilannya sendiri , sebagai penghargaan bahwa yang bersangkutan termasuk kategori Perintis BSI di Propinsi tsb.

Apabila dalam satu Propinsi ada nama panggilan yang sama , maka yang bergabungnya belakangan harus mengalah.

10. Tanya       : Kenapa BSI tidak punya Pakaian Seragam yg berlaku Seluruh Indonesia ???

Jawab       : BSI menganut falsafah Bhinneka Tunggal Ika.

Kepada BSI Propinsi dibebaskan menentukan Pakaian Seragamnya , yg penting pada baju dan topi ada atribut BSI….. Pakaian Seragam bisa menumbuhkan kebanggaan tersendiri , dan seragam kebanggaan bagi masing-masing Propinsi tentu saja berbeda-beda.

11. Tanya       : Di ORARI ada kode Q , di RAPI ada kode Ten , di BSI bagaimana ???

Jawab       : Di BSI memakai kode Eleven.

KODE KOMUNIKASI

Eleven Code / Kode Sebelas
Kode sandi komunikasi keadaan darurat
Disadur dari Eleven Code + dilengkapi

Kode Artinya
11-10 Report signal
11-11 Penerimaan kurang baik
11-12 Penerimaan bagus / sempurna
11-13 Keadaan cuaca
11-14 Butuh Informasi tentang….
11-15 Pesan dimengerti
11-18 Nomor telepon
11-20 Posisi / tempat kedudukan
11-21 Percakapan lewat telepon
11-23 Standby monitor
11-24 Mobil (pengemudi) bingung
11-25 Kepadatan lalu lintas jalan
11-26 Mobil mogok
11-27 Pindah kanal komunikasi ke
11-28 Identitas diri…
11-30 Informasi keadaan di TKP
11-31 Keadaan tenang, tidak mengkhawatirkan
11-33 Situasi darurat di…(TKP)
11-35 Pesan untuk disampaikan
11-36 Jam / penunjuk waktu
11-37 Kondisi terakhir / aktual
11-41 Minta ambulan
11-42 Minta paramedis
11-44 Keadaan memburuk
11-48 Penyedia jasa transport
11-50 Semua diam selain Pengendali
11-55 Pertemuan di…
11-56 Butuh tenaga relawan
11-57 Suasana gaduh / kacau
11-58 Pengerahan massa
11-66 Trafficlight mati
11-72 Kebakaran di…
11-73 Minta dikirim mobil pemadam kebakaran
11-75 Kantor / tempat kerja.
11-76 Arah / tujuan ke…
11-77 Banjir di aliran sungai…
11-78 Banjir lokal / setempat
11-79 Ada tabrakan, ambulance sudah di jalan
11-80 Tumburan dengan luka/kerusakan serius
11-81 Tumburan dengan luka/kerusakan ringan
11-82 Tumburan dengan kerusakan bangunan
11-84 Pengatur lalulintas manual
11-85 Minta mobil derek
11-86 Ancaman bom
11-87 Ada bom ditaruh
11-98 Koordinasi didarat
11-99 Under attack, immediate assistance required

12. Tanya       : Bagaimana dengan Permenkominfo No. 34 th 2009 ??? apa BSI tidak   melanggar ??

Jawab      : Didalam Permenkominfo No. 34 th 2009 memang keberadaan BSI belum / tidak diatur, karena memang saat itu Perkumpulan BSI belum lahir .

Perlu dipahami bahwa Undang-2 itu bukan harga mati …. Dia akan luwes mengikuti perkembangan keadaan ….. artinya …. Jangankan Undang-2 , bahkan UUD pun kalau diperlukan bisa di amandemen apabila memang diperlukan untuk mengikuti perkembangan keadaan .

Jadi Prinsipnya mendirikan PERKUMPULAN BARU itu tidak dilarang , bahkan dijamin oleh Undang-2 sepanjang tidak bertentangan dengan UUD Negara Republik Indonesia.

13. Tanya       : Bagaimana dengan Salam SATU HATI SATU JIWA ?? apakah itu bukan sekedar salam bombastis yg tidak mungkin dilaksanakan ??

Jawab       : Salam SATU HATI SATU JIWA bukan bombastis , tetapi sebuah ucapan salam persaudaraan yg MANIS dan mengandung arti FILOSOFIS.

Diharapkan Anggota / Pengurus BSI selalu SATU HATI SATU JIWA alias SEIA SEKATA yaitu satu KOMITMENT :

1. Guyub Rukun didalam kita berkomunikasi dan beraktifitas sosial yg   bermanfaat bagi anggota dan masyarakat / pemerintah.

2. Membangun azas kesetaraan dan kebersamaan , tidak ada yg merasa lebih tinggi , lebih berkuasa antara yg satu dengan yg lain , sehingga bila ada permasalahan , penyelesaiannya bukan dengan pendekatan kekuasaan , tetapi pendekatan kekeluargaan untuk mencari solusi yang terbaik .

3. Menjadikan BSI sebagai arena belajar berdemokrasi yg sehat , artinya belajar untuk  bisa menerima pendapat yg lain , sebaliknya yg punya pendapat tidak boleh memaksakan kehendaknya.

Semoga BSI mendapat respon yg positif dari teman-2 pengguna frekwensi  di seluruh Nusantara , karena BSI dilahirkan tidak untuk menyaingi , menandingi apalagi memusuhi yg sudah ada, tetapi untuk MEWADAHI semua warga masyarakat pengguna frekwensi , sehingga tidak ada lagi sekat antara pemilik IAR , IKRAP , maupun yg belum punya izin untuk beraktivitas sosial bersama didalam satu wadah …… BATARA SAKTI INDONESIA.

BSI juga tidak mengebiri Paguyuban-2 komunikasi / komunitas sosial lokal yg sudah ada (bila mereka bergabung di BSI) , tetapi mewadahi komunitas-2 lokal tsb agar bisa berperan lebih luas lagi yaitu bisa berperan pada lingkup Nasional .

Artinya , BSI memberi keleluasaan kepada Paguyuban-2 lokal untuk tetap eksis dengan identitas mereka , ditambah logo dan identitas keanggotaan di BSI .

DAFTAR MARKAS KOORDINASI

(MAKO)

BATARA SAKTI INDONESIA

MARKAS BESAR : JL. LANGENSARI No. 1 , YOGYAKARTA

MARKAS KOORDINASI (MAKO) :

1. Markas Koordinasi 1 adalah untuk Propinsi DIY dikota Yogyakarta

Perintis : YZ01BW …… Pakde Bejo

2. Markas Koordinasi 2 adalah untuk Propinsi Jawa Timur dikota Malang

Perintis : YZ02AM ……. Cak Prabu Cakraningrat

3. Markas Koordinasi 3 adalah untuk Propinsi Jawa Tengah dikota Klaten

Perintis : YZ03PYU……… Mas Sony

YZ03MIL …… Mas Gunawan

4. Markas Koordinasi 4 adalah untuk Propinsi Jawa Barat di Bogor / Bekasi

Perintis : YZ04NDA …… Mas Har

YZ04LBH…….. Bang Dja’far

5. Markas Koordinasi 5 adalah untuk Propinsi DKI di Jakarta Timur

Perintis : YZ05BMO …… Pakde Bimo

YZ05RR …….. Mas Didik

YZ05AA …….. Mas Agus A

6. Markas Koordinasi 6 adalah untuk Propinsi Kalimantan Selatan

Perintis : YZ06KA ……. Mas Eko

YZ06AE ……. Pakde Anoman

7. Markas Koordinasi 7 adalah untuk Propinsi Kalimantan Timur di Kutim

Perintis : YZ07BW ……… Pakde 47 (Bas Bowo)

YZ07EKO ………Mas Penceng

8. Markas Koordinasi 8 adalah untuk Propinsi Banten di Serang

Perintis : YZ08AWW …….. Mas Eka

9. Markas Koordinasi 9 adalah untuk Propinsi Lampung di Lampung Tengah

Perintis : YZ09DS  ……… Bang Ucok

YZ09BNX ……..Lik Bonex

10. Markas Koordinasi 10 adalah untuk Propinsi Riau di Pekanbaru

Perintis : YZ10EVI ……… Bang Bison

11. Markas Koordinasi 11 adalah untuk Propinsi KEPRI di Batam

Perintis : YZ11PO ………. Mas Pur

12. Markas Koordinasi 12 adalah untuk Propinsi NAD di Lhokseumawe

Perintis : YZ12JJ ……….. Mas Nandar

13. Markas Koordinasi 13 adalah untuk Propinsi Bali di Denpasar

Perintis : YZ13CTR …….. Mas Catur

14. Markas Koordinasi 14 adalah untuk Propinsi Sumatera Selatan di Palembang

Perintis : YZ14WD ……… Bang Johan

15. Markas Koordinasi 15 adalah untuk Propinsi Papua Barat di Sorong

Perintis : YZ15AP ……. Mas ADI (Atok Prasetyo)

YZ15DB…….. Pakde Djambul

16. Markas Koordinasi 16 adalah untuk Propinsi Kalimantan Barat di Sintang

Perintis : YZ16CQ ……. Pakde CUEQ

17. Markas Koordinasi 17 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ17…

18. Markas Koordinasi 18 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ18…

19. Markas Koordinasi 19 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ19…

20. Markas Koordinasi 20 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ20…

21. Markas Koordinasi 21 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ21…

22. Markas Koordinasi 22 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ22…

23. Markas Koordinasi 23 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ23…

24. Markas Koordinasi 24 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ24…

25. Markas Koordinasi 25 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ25…

26. Markas Koordinasi 26 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ26…

27. Markas Koordinasi 27 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ27…

28. Markas Koordinasi 28 adalah untuk Propinsi

Perintis : YZ28…

BATARA SAKTI INDONESIA

Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati

TATA CARA PEMBERIAN KODE PANGGILAN / KODE KEANGGOTAAN

DAN MENJADI ANGGOTA BSI

Untuk memudahkan Administrasi dan Inventarisasi anggota , maka para anggota Perkumpulan BATARA SAKTI INDONESIA diberikan Kode Panggilan atau Kode Anggota (bukan Callsign).

Kode Panggilan atau Kode Keanggotaan untuk anggota BATARA SAKTI diseluruh Indonesia adalah YZ (Yankee Zulu) : YZ01…., YZ02…. , YZ03…. Dst

Angka 01 , 02 , 03 …..dst adalah Kode Nomor Urut Propinsi , yang pemberian urutannya adalah berdasar kapan (waktu) ada salah satu Personel dari Propinsi tersebut mulai bergabung di BSI , yang selanjutnya ditetapkan sebagai PERINTIS BATARA SAKTI INDONESIA di Propinsi tersebut.

Kepada para Perintis dan 1000 anggota berikutnya di sebuah Propinsi diberikan kebebasan untuk memilih Suffix nya , baik berupa dua huruf maupun tiga huruf , ditulis dalam huruf besar tanpa spasi ( contoh : YZ01BW).

Apabila dalam satu Propinsi terjadi Suffix sama , maka yang bergabung belakangan harus mengalah , memilih alternatif lain yang belum digunakan … sedangkan suffix sama tetapi lain Propinsi tidak menjadi masalah.

Pendaftaran menjadi anggota BSI sangat mudah ….. yaitu memberikan Biodata yg valid sesuai KTP melalui berbagai cara : (Langsung , Fax , Email, Pos dll…) disertai pasfoto (scan pasfoto) , kepada para Perintis BSI Propinsi atau Perintis pada Perwakilan Markas Koordinasi di Kabupaten / Kota atau Perintis dari Gabungan beberapa Kabupaten / Kota.

FORMULIR PENDAFTARAN BSI BISA DIDAPAT DISINI

Setelah diisi bisa dikirim langsung ke Markas Besar BSI melalui email : batarasakti.indo@yahoo.com ; bambangwaskito@gmail.com ; jz12axj@rapi12diy.com ; gobang70@gmail.com ; yz01bw@batarasakti.com

BSI terbuka bagi siapa saja , baik yang keanggotaannya di ORARI / RAPI masih valid , Mantan Anggota maupun para Simpatisan (pengguna alat komunikasi radio yg belum berizin) , serta pengguna komunikasi lewat Internet / Gateway.

Demikian Informasi ini untuk bisa disosialisasikan kepada teman-2 diseluruh Nusantara

SALAM SATU HATI SATU JIWA

YZ01BW (Pakde Bejo)

Perintis BSI

STRUKTUR ORGANISASI

BATARA SAKTI INDONESIA

(Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati)

KETERANGAN :

  1. Dewan Kehormatan BSI , minimal 3 maks 7 orang (secara Nasional) , bisa berada dikota mana saja didalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Sekjen BSI.., satu orang , berada di Ibukota Negara dan sekitarnya , untuk operasionalnya dibantu beberapa staff Sekjen.
  3. Markas Besar BSI , berada di Yogyakarta (sementara) , terdiri dari Ketua , Sekretaris , Bendahara dan dibantu beberapa staff.
  4. Markas Koordinasi (MAKO) BSI Propinsi , berada di kota dalam satu Propinsi , Kepengurusannya terdiri dari Ketua, Sekretaris , Bendahara , dibantu bagian-2 sesuai kebutuhan setempat.
  5. Perwakilan Mako BSI , berada di Kabupaten / Kota atau salah satu Kota dari Gabungan beberapa Kabupaten / Kota disebuah Propinsi . Kepengurusannya terdiri dari Ketua, Sekretaris , Bendahara , dibantu seksi-2 sesuai kebutuhan setempat.

139 comments

  1. mas, izin co-pas di blog saya. salam.


    • Waduh enak dong kalo utk kepentingan sosial tidak perlu mempermasalahkan legal atau ilegal, besok saya mau punya senjata api tanpa izin lalu mau jalan2 di pasar cari copet bin jambret kalo ketemu lsg saya tembak….boleh dong ya….????aya…aya…wae mas….


      • hehehe, btul mas, ntr lagi prusahan2 besar pada gk mw bayar pajak,ntr mreka bilang” Kita kan telah memberikan penghasilan bagi ribuan karyawan yg bekerja, jd gk perlu bayar pajak krena uda menyediakan lapangan kerja”, heheheh….


  2. Organisasi Dagelan neh BSI, pemerintah uda kasi wadah di ORARI dn RAPI jadi yg ilegal silakan aja gabung ke situ. Trus BSI pake Call Sign YZ itu punya RAPI, trus BSI maen di Frek. ORARI dan RAPI jg gitu?

    Harus tau aturan dong mas,jgn asal2 umbar nafsu,,,,


    • YZ? bener2 dagelan… pake Y (yankee) utk mewadahi temen2 dr ORARI, Z (zulu) buat mewadahi temen2 dr RAPI (prefix JZ).

      BSI=Barisan Sok Imut…

      mas, mbak, om, tante, mbah…
      frekuensi itu diatur & disepakati seluruh dunia dlm penggunaannya. pemerintah RI juga bayar pajak alokasi frekuensi tsb. penggunaan prefix itu sendiri juga diatur secara internasional.
      lha kok sampeyan2 ini mau seenaknya aja bikin prefix sendiri. Teman2 ORARI itu justru yg mempunyai beban berat diprotes di dunia internasional krn sudah teramat seringnya pelanggaran frekuensi dari orang2 Indonesia semacam sampeyan ini…

      bener tuh mas openg… BSI ini sih jelas2 umbar nafsu dan SOTOY


  3. Wah….ternyata yg illegal lebih banyak ya..?!!!, mestinya BSI terutama pelopornya sadar hukum dong…, jgn bikin aturan sendiri..! hargai Regulator kita (Ditjen Postel)juga teman2 di ORARI dan RAPI yg selalu setia mengawal jiwa amatir radionya dan jiwa sosial kemasyarakatannya (RAPI)untuk itu sadarlah dan kembali kejalan yg benar bacalah Permen 33/Kominfo/2009 (AMATIR RADIO) dan Permen 34/KOMINFO/2009 (KRAP)semoga setelah membaca secara tenang dan sabar anda diberi kesadaran karena frekuensi radio adalah sumber alam yg terbatas dan penggunaannya harus diatur sedemikian rupa agar sesuai peruntukannya dan bebas dari gangguan radio yg merugikan,tapi saya salut dgn anggota BSI yg berjiwa sosial…tapi kiranya semangat tersebut dapat disalurkan dalam wadah yg telah disediakan, salam hangat dari RIAU/YD5UW/JZ10FWE


    • coba di cek PP 52 tahun 2000, ada tidak ketentuan penyelenggaraan telkomunikasi untuk ORARI dan RAPI ??
      tinggi mana PP dan Permen ??
      kalau dijawab tinggi Permen, ya semonggo saja.


    • yd5uw/jz1opwe…bung uwe

      saya sudah baca permen 33 dan 34 dengan tenang,,,, memang ada orari dan rapi disana, cuman sbg organisasi legalitasnya tidak disebut disana, cuman diakui pemerintah. pemerintah yang mana ?? kalau organisasi harus disebut dong dasar hukumnya.
      coba baca PP21 thn 1967 ada orari disana, kemudian kepmenhub 49/2002 ada orari juga disana, ada lagi orari yang didaftarkan di depdagri sebagai ormas, sekarang ada lagi dipermenkominfo 33/2009. orari yang mana ?
      kemudian saya baca PP 42 tahun 2000 tentang penyelenggaraan telekomunikasi, disana tidak ada penyelenggaraan telekomunikasi untuk organisasi, yang ada penyelenggaraan telekomunikasi khusus perorangan digunakan sendiri adalah amatir radio dan krap. tidak ada orari dan rapi disana ??
      boleh saya minta anda baca lagi dg tenang dan sabar Peraturan Pemerintah no 52 tahun 2000 kalau ada waktu lihat dan baca dg sabar Undang-Undang nomor 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi, dikedua peraturan tersebut tidak ada satu pasalpun yang menyatakan penyelenggaraan telekomunikasi yang diperuntukkan bagi ORGANISASI PUBLIK seperti orari maupun rapi.
      mari kita intropeksi, melihat keadaan kita apakah sudah lebih baik dari yang lain ???
      good luck


      • Anda jg harusnya baca PP53 tahun 2000, bahwasannya Pembinaan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit di lakukan oleh menteri.

        Di PP 52 masuk kategori Amatir Radio dan KRAP, makanya di Peraturan Menteri dipertegas sapa aja yg masuk kategori Amatir Radio dn KRAP. Jadi Menteri punya wewenang mengaturnya. Sehingga IAR diberikan kepada Anggota ORARI dan IKRAP kepada anggota RAPI

        Jadi BSI selaku organisasi silakan minta ke menteri spy dibuatkn peraturan menteri yg baru, walaupun menurut pendapat sy tdk akan dipenuhi karena sudah ada wadah untuk Amatir Radio dn KRAP.


      • sdr. openg.
        saya kebetulan bisa baca aturan yang anda maksud PP 52 maupun PP 53, coba anda hati-2 menerjemahkan perintah-perintah yang ada di PP 52 maupun PP 53 tsb. Untuk diketahui bahwa Menteri itu adalah membidangi kewenangan teknis termasuk Pembinaannya, jadi yang dibina bukan non teknis atau publiknya. sekarang kalau menteri kominfoi memberi freq untuk digunakan kepolisian apakah organisasi polisinya dibina ??? gimana sich cara pikir anda ?
        anda menulis peraturan menteri mempertegas katagori PERATURAN PEMERINTAH tentang amatir radio dan KRAP ??? Waduhhhh Openg openg, coba baca di PP 52/2000 apakah ada pasal yang menyatakan bahwa tentang amatir radio dan KRAP diatur lebih lanjut oleh peraturan menteri ?? kalau ada pasal ketentuan itu tolong sebutkan dimana.
        IAR dan IKRAP diberikan kepada ORARI siapa yang merintahkan ??? ingat dan baca UU no. 10 tahun 2004 bahwa peraturan menteri bukan peraturan perundang-undangan mengikat publik kecuali atas perintah peraturan yang lebih tinggi.
        Sekarang PP no berapa yang merintahkan Menteri untuk memberikan IAR dan IKRAP kepada organisasi publik.
        Kamu Coba baca PP 52/2000 pasal 38, 39 dan 40, amatir radio dan KRAP itu penyelenggaraan telekomunikasi untuk siapa ?? untuk organisasi ??
        baca lagi pasal 97, pp 21/1967 dinyatakan tidak berlaku.
        openg, sebelum menulis disini baca dulu UU 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi, PP 52/2000 tentang penyelenggaraan telekomunikasi.
        Soal BSI bisa saja menjadi organisasi pemilik IAR dan IKRAP, itu kan hak warga negara yang diatur dalam UUD 1945 pasal 28 untuk bebas berserikat.
        Wadah amatir radio dan KRAP yang mendasar permen tidak mempunyai kekuatan mengikat publik, karena melanggar peraturan perundangan-undangan yang lebih tinggi.


  4. Ehhhhh…la dalah , dasar orang nggak tau aturan ya kaya begini nih…….. hahahahahhahaha…, sebelum bikin dagelan BSI, mendingan bikin group Ketoprak Humor, belajar dulu deh mengenai regulasi & spektrum frekuensi kerja yang sudah di alokasikan untuk RAPI atau ORARI, lah..wong yang di akui ITU aja cuman ORARI kalau cuman wadah beginian mah kan udah ada wadahnya RAPI toh tujuan yang di maksud panjenengan itu sami mawon. hihihihihhihiih….. , aturan dari mana lagi juga pakai prefix “YZ” ….wuih…. bakalan di babat duh sama mak lampir loh bro dengan alasan “PENYALAH GUNAAAN” Tabek


    • ITU tidak pernah mengakui ORARI,ITU hanya mengakui negara berdaulat di dunia sebagai keanggotaanya dalam rangka keseragaman tata kelola telekomunikasi international.
      posting ini perlu diluruskan agar anak bangsa tetap menjadi anak yang cerdas. dan menuiis posting dengan bahasa yang berbudaya dan bermartabat penuh kesantunan, buktikan kita anak bangsa indonesia
      good luck BSI……. maju terus


    • pada bisa ngerti gak sih,gk cuma dibaca peraturannya tapi dimengerti,kan gk ada larangan di UUD buat mendirikan,berserikat dll…klo emang berani gak cuma ke BSI ja,bubarkan tuh SENKOM/CITRA BHAYANGKARA yang gak da ijin pendirian segala tuh senkom,apalagi gk jelas senkom/cb pake frekuensi berapa…ayo openg,lugile,ki uweblenger berani gak bubarin SENKOM/CITRA BHAYANGKARA…BRAVO BSI Maju terus Pantang MUndur…


      • namanya cari kambing hitam,


      • Maju terus BSI lebarkan sayapmu kemana-mana demi kepentingan Pemerintah dan Masyarakat Umum ….. Bravo BSI Bravo Mako pusat.


  5. 6. Tanya : Bagaimana dengan Callsign YZ ??? apa itu bukan pelanggaran ???

    Jawab : Tidak ada yang dilanggar sama sekali.

    Dasar STUPID, itu prefix Amateur Radio punya Negara lain mau dipakai di bilang bukan pelanggaran???? BODOH!!!!!! Anda itu tidak tau aturan atau pura2 STUPID?????? itu prefix sudah ada jatah tiap negara KHUSUS untuk Amateur Radio, yang terdaftar di ITU… bikin malu aja, dah belajar dulu sama Mbah DArmo sono Le


    • yang terdaftar di itu adalah alokasi freq untuk amatir radio khan ?? bukan alokasi freq untuk organisasi publik amatir radio.
      jawabannya pasti ke pengakuan iaru khan ?? udah ketebak dan jawabannya adalah iaru itu hanya asosiasi yang tidak bisa mengatur aturan hukum negara yang berdaulat dan mempunyai aturan hukum sendiri.
      pengakuan iaru baru bisa dijadikan aturan suatu negara yang berdaulat apabila pengakuan tsb sudah dijadikan perjanjian international (traktat) antar negara, dimana traktat hanya dapat dilakukan oleh organisasi pemerintah negara, pertanyaannya adalah apakah organisasi publik dapat disetarakan dengan organisasi pemerintah negara ?
      BSI silahkan maju terus…. hanya hati-hati ya apabila anggota BSI menggunakan freq radio tanpa izin pemerintah, karena yang akan menanggung resiko adalan penggunanya (manusianya) bukan perkumpulan BSI, sementara kalau BSI menerbitkan izin penyelenggaraan telkomunikasi untuk anggota BSI tanpa kewenangan pemerintah maka BSI dipastikan akan mendapat masalah hukum.
      semonggo mas, dimas, jeng, diajeng ,,,,,
      matur nuwun
      bravo BSI


      • ada untuk amatir,untuk militer,untuk penerba-
        ngan,untuk radio siaran dll,makanya jangan asal2


  6. ijin bang mau nanya kalau mau masuk di LINK BSI nyarinya disitus mana yah bang biar saya bisa conek juga ama teman-teman … Makasih bang salam rapi 51.55 By. JZ 24 MH 01 Makassar


  7. Sedih rasanya……mbaca post ini!


    • tidak perlu sedih, tapi tugas anak bangsa yang baik tidak henti-2nya meluruskan hal yang belum lurus.
      yang disedihkan adalah apabila kita hanya jadi penonton dipinggir jalan melihat manusia akan celaka didiamkan.


  8. wah..malah lebih gampang nih buat ditjen postel menangkap pengguna frekuensi ilegal, karena semuanya ada di database BSI..dengan adanya BSI pekerjaan pengendali frekuensi ditjen postel jadi lebih ringan karena gak perlu melacak lokasi radio amatir ilegal…tinggal langsung ngajuin tuntutan aja sesuai nama yang ada di database BSI..kan semuanya illegal? hehe..


    • flash …. pikiran anda itu kotor dan adanya hanya iri, dengki.
      senang kalau ada orang atau kelompok punya masalah, terus bangga kalau bisa membuat susah orang dan kelompok.
      anda merasa adalah paling suci, paling benar, akhirnya jadi provokator dan teroris.

      kalau anda tidak suka dengan BSI, ya lupakan saja pergi dari sini. urus diri sendiri dan kelompok anda.

      soal tangkap bukan urusan anda, engga usah koar koar disini, buktikan tulisan anda dengan melaporkan secara resmi, kemudian laporannya anda beritahukan disini no lap di lap kemana ?

      nah kalau itu dilakukan, anda jantan !! jangan jadi banci laki tidak perempuan juga tidak.

      bisanya cuman kritik, usil.

      anda dari mana ? orari atau rapi.

      dua-nya organisasi ilegal tauuu !
      BSI juga ilegal, ilegal sama ilegal jalan sendiri sendiri saja.

      dasar tolol !


      • apa dasarnya anda menganggap orari dan rapi
        itu ilegal,jangan asal bicara


  9. emang ORARI organisasi legal? buktinya apa? sok banget. lebay.

    maju terus BSI. kudoakan dari bawah monas.


    • eh Calon Anggota… dasar SI TOLOL…. kalo ORARI bukan organisasi legal mana mungkin anggota ORARI boleh berkomunikasi internasional via frekuensi radio, mana mungkin anggota ORARI boleh berkomunikasi dengan awak stasiun ruang angkasa.

      Di Indonesia, hanya ORARI, organisasi komunikasi radio yang diakui secara internasional

      dasar tolol… jadi Calon Anggota kelompok TOLOL ya…???? loe yg sok banget, loe yg lebay


      • eh getink, kog anda tolol ya ? gw engga bela calon anggota, tapi gw liat tulisan lw sangat TOLOL.

        anda bilang di indonesia hanya orari, organisasi komunikasi radio yang diakui secara international, darimana pengakuan itu ? dari iaru yah ? tau engga apa itu iaru ? hanya asosiasi saja koq.

        anda tau engga ada berapa orari di indonesia ?

        orari singkatan dari awal kata/tulisan “organisasi …..”, anda tau engga dasar hukum orari sebagai organisasi ?

        kepmen maupun permen bukan dasar hukum pendirian orari, dia hanya menyatakan diakui, orari dg dasar hukum apa yg diakui ?

        coba gw mau tau jawaban lw, jangan sampai gw biang lw juga “anggota organisasi ilegal yg TOLOL”


      • getink, kamu yang tolol TOLOL tolol, yang boleh berkomunikasi bukan orari !!! tapi pemilik iar, orari bisa bubar tapi amatir radio tidak bisa bubar. dasar TOLOL


  10. manaaa buktinya??? kasih tunjuk link dong di sini biar kita semua bisa lihat. jangan banyak bacot.
    BSI yang dihujat habis-habisan ternyata sadar legalitas kok. ini kroco orari malah lebay. cuihhh ….


  11. weh…gitu aja ribut dah, kalau mau buka organisasi kaya opo monggo, ini negara demokratis, partai aja bisa buat banyak kok, tapi tetntunya harus ada legalitasnya, maksid BSI mungkin baik mungkin caranya saja yang harus di luruskan/dibenahi dulu jangan terlalu berapi-api.

    Jika saya setuju dengan pendapat rekan kita dari riau JZ10FWE, kan sudah wadahnya kenapa harus buat yang baru lagi. Buat komunitas seperti kita ini pakai wadah RAPI (atau dulu pakai KRAP). Masa kita udah jadi anggota RAPI mau bikin Organisasi lagi, kok terkesan bahwa ‘maaf’ kepingin jadi “pemimpin/ketua RAPI” yang nggak kesampaian. Kalau bikin BSI nanti RAPI nya bagaimana?

    Ingat tujuan kita sebagai anggota RAPI,bisa membantu masyarakat dalam bentuk bantuan komunikasi atau kegiatan yang bersifat “sosial” saya rasa RAPI yang saat ini masih bisa digunakan kok, tinggal :
    1. pemberdayaan anggota
    2. pembelajaran/bimbingan prosedur komunikasi yang baik
    3. meningkatkan pelatihan komunikasi untuk anggota kita (RAPI) juga calon anggota
    4. penyuluhan/pendidikan kepada anggota mengenai peraturan pemerintah tentang regulasi/pengaturan atau penggunaan frekuensi.
    5. tentunya pengenalan kepada masyarakat/calon anggota baru apa itu RAPI, baik fungsinya di pemerintahan negeri ini dan kegiatan apa yang bisa dilakukan jika kita masuk atau menjadi anggota RAPI.

    Jadi menurut pendapat saya jelas jika kita punya jiwa kemasyarakatan/sosial dan hobi komunikasi antar penduduk ( tidak di perbolehkan komunikasi DX-ing luar negeri karena cuman boleh vhf, hf 27mhz), wadahnya ya RAPI dong :), setuju.

    Jika hobi eskperimen elektronik transciever,ingin komunukasi jarak Jauh (antar pulau atau DX-ing luar negeri) menguasai hampir seluruh band lf,hf,vfh,uhf,ehf,shf (frekuensi amatir) silahkan ada wadahnya juga yaitu orari.

    Bedanya apa, ya jelas :
    mau menjadi anggota RAPI cukup mudah kok, tidak perlu ujian.

    sedangkan orari kita harus ikut Ujian Negara, denger denger sih sekarang udah nggak sulit kaya dulu pakai ada ujin morse untuk anggota baru.

    Ini cuman masalah hobi saja, silahkan pilih sesuai keinginan,tinggakatan dan kemampuan.

    salam RAPI
    Merdeka!!!
    JZ10LDU,
    “Pemerhati dan anggota yang baik”


    • SUDAH LAH KALAU ENGGA SUKA “BSI” ENGGA USAH KRITIK SEGALA, PIKIRIN DIRI SENDIRI SAJA. ATAU PIKIRIN ORGANISASI KAMU SAJA. BSI MAU SALAH MAU BENER ITU URUSAN BSI.
      JANGAN SOK TAU SOK BENAR SOK NGERTI ATURAN.
      KALAU BSI DIRASAKAN SALAH YA ENGGA USAH DIPIKIRIN ITU TANGGUNG JAWAB BSI….KOQ REPOT AMAT SICH. BSI JUGA ENGGA PERLU MEREKA YANG ENGGA SUKA SAMA BSI.
      TAHU MALUUUU DONG


  12. BRAVO BSI ….. MAJU TERUS !!!!
    Tdk ada yg salah dgn Perkumpulan baru yg namanya BSI , kenapa musti diributkan ???
    Nggak suka ???…. nggak usah ikut….. begitu aja kok repottt ….. BIARKAN ANJING MENGGONGGONG , KAFILAH TETAP BERLALU….. !!!!!!
    Orang yg suka sirik dan antipati pada sesuatu yg baru menunjukkan KEKERDILAN WAWASANNYA ….. OKAY ????…… MAJU TERUSSS BSI !!!!


  13. Mengutip pernyataan mengenai keanggotaan BSI.

    KEANGGOTAAN

    Anggota BATARA SAKTI INDONESIA adalah semua warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat seperti diatur didalam Undang-undang Telekomunikasi Indonesia.

    Dengan kata lain, yang dapat menjadi anggota BSI hanya anggota ORARI dan RAPI karena hanya anggota dari kedua organisasi ini adalah warga negara yang memenuhi syarat di dalam undang-undang telekomunikasi yang secara teknis diatur dalam PERMEN No.33 dan No.34 tahun 2009

    Jadi kalo mau jadi anggota BSI silakan menjadi anggota ORARI atau RAPI dulu.


    • kalo logika ini yang dipake, maka kedudukan BSI lebih tinggi dari rapi dan orari. hahaha kacian dech loe.


      • Dodol banget, lebih tinggi opo?
        Yang diakui dan dan diberi ijin frekuensi radio cuma ORARI dn RAPI, siap2 aja dihajar mreka klo berani2 pake, hehehehe….


  14. di UU telekomunikasi dan Peraturan Pemerintah 52 tahun 2000 tentang penyelenggaraan telekomunikasi, tidak ada satu pasalpun adanya penyelenggaraan telekomunikasi untuk ORGANISASI, jadi baik ORARI dan RAPI itu tidak mendasar aturan HUKUM yang benar.
    yang ada adalah penyelenggaraan telekomunikasi untuk perorangan digunakan sendiri.
    kalau mau menggunakan keputusan menteri, maka perlu dipertanyakan mana yang lebih tinggi UU dan PP dengan peraturan menteri.
    Bila BSI menyatakan sebagai perkumpulan dapat saja karena menggunakan UUD 1945 pasal 28 dst nya.
    masalah penggunaan frequensi sudah beda lagi karena aturan hukumnya beda, harus punya izin dari pemerintah utk mengudara pada band freq.
    izin penyelenggaraan telekomunikasi tidak dikeluarkan oleh organisasi publik tetapi oleh pemerintah.
    bagi pemilik izin radio amatir dan komunikasi radio antar penduduk, coba dilihat apakah yang mengeluarkan izin organisasi ?
    mari kita mulai menggunakan pola pikir yang cerdas dengan selalu membaca aturan hukum yang benar.
    BSI sayogianya segera mencatatkan perkumpulannya ke pemerintah. soal menggunakan freq untuk komunikasi sesama anggota, bisa menggunakan aturan hukum PP 52 tahun 2000. bisa milih di freq amatir radio atau komunikasi radio antar penduduk atau komunikasi komersial.
    jadi prinsipnya kita punya aturan hukum yang jelas, jangan mengada-ada kemudian tidak menjadi cerdas karena menggunakan keputusan pemerintah yang melanggar peraturan perundangan yang lebih tinggi.
    qua vadis BSI….maju terus !!!.
    berbeda pendapat dibenarkan oleh UU, tetapi jangan membiarkan adanya pendapat menghalalkan segala cara.
    mari kita gunakan media ini sebagai media pencerahan sesama anak bangsa….


  15. ini baru benar mas …..!!
    mari berkomentar dengan cerdas …..
    bravo BSI …………………….. maju terus


  16. Pendirian organisasi BSI ga salah dunk…. bebas2 aja, selama tidak melanggar aturan dan etika berorganisasi.
    yang salah jika menggunakan frekuensi radio secara ilegal, lantas BSI band plan nya dimana? penggunaan/memancarkan gelombang elektromangnetik harus memeiliki ijin dari BALMON/KOMINFO, dan BALMON/KOMINFO akan memberikan alokasi freq sesuai peruntukanya.
    jadi, siapapun yang menjadi anggota BSI merupakan Hak Azazi kebebasan berorgannisasi “tidak salah”, akan tetapi menggunakan/memancarkan gelombang elektromagnetik secara sembarangan baru merupakan pelanggaran.
    jelaskan… maju terus BSI, cuman jangan pake callsign dan jangan memancar pakai radio sebelum punya ijin dari BALMON/KOMINFO.


    • pendirian perkumpulannya memang dapat dibenarkan asal melalui mekanisme peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pendirian perkumpulan.
      masalah yang muncul adalah penggunaan prefix “YZ” adalah suatu tindakan yang salah besar.
      utk diketahui bahwa ITU pernah mengalokasikan “YZ” untuk pancaran radio telekomunikasi dari negara Yugoslavia. namun perkembangan politik negara yugoslavia saat ini terpecah-pecah sehingga ITU menarik alokasi “YZ” dan tidak di alkoasikan kepada negara manapun.
      kekosongan penggunaan alokasi panggilan “YZ” oleh ITU, tidak bisa serta merta bisa diambil dan digunakan begitu saja.
      untuk BSI silahkan maju terus, tapi ingat jangan sampai kegiatannya mengakibatkan kesulitan bagi anggotanya dikemudian hari apabila menemukan permasalahan hukum. Orari dan rapi saja yang sebagai pendahulu juga mengalami permasalahan hukum terutama dalam hal pembentukan organisasinya yang hingga saat ini masih diperdebatkan. kalau bicara permenkominfo sebagai dasar hukum pendirian organisasinya baik orari maupun rapi, maka jelas mekanismenya SALAH. Kenapa ?? karena Menteri KOMINFO bukan kementerian yang mempunyai kewenangan membentuk organisasi publik.
      kewenangan mencatatkan organisasi publik berada di kementerian dalam negeri, sedangkan kewenangan mencatatkan suatu perkumpulan berada di kementerian hukum & ham.
      saran “pemerhati” segera hilangkan BSI menggunakan prefix “YZ”, ganti saja dengan nomor registrasi dari BSI. soal komunikasi radio banyak jalan yang bisa ditempuh antara lain bisa anggotanya dari amatir radio (bukan orari)dan krap (bukan rapi) atau sewa frequensi saja bayar bhp dapat alokasi lanjut gunakan… ?
      tidak usah berdebat pakai ilmu pokoknya mau menang sendiri, tapi mari kita saling melakukan pencerahan
      semoga bermanfaat…. sesama anak bangsa
      tq, 73, 88, 10, 12, cherio, dadag, udach yee
      “pemerhati”


      • Kementrian Kominfo tidak pernah membentuk organisasi publik (ORARI/RAPI), hanya saja pemerintah mengakui bahwa Organisasi KRAP itu adalah RAPI sebagai wadah resmi pemegang IKRAP dan utk amatir radio pemerintah mengakui Organisasi Amatir Radio yaitu ORARI merupakan satu-satunya wadah bagi amatir radio.

        Dalam hal ini apakah Organisasi BSI sudah diakui pemerintah sebagai Organisasi KRAP atau Amatir Radio????
        Klo belum ada pengakuan, sy ucapkan selamat berjuang keras utuk mendapat pengakuan, sementara itu BSI tidak layak menggunakan alokasi frek utk KRAP ataupun Amatir Radio utuk berkomunikasi. Paling tidak mesti nunggu revisi Peraturan Menteri dulu, hehehehehe..


  17. to mr. Openg. ada di pasal berapa nih peraturan yang kasih ijin frekuensi ke orari? peraturannya bunyinya kok kasih alokasi frek ke individu, bukan utk organisasi. kaciaaaan deh loe, DONGO. hahaha. eloe yang DODOL. duh susah nih debat ame kroco. otaknya ngga nyampe.


    • bapak satu ini (calon anggota)koq dendam benar sama si openg, dari namanya saja openg sudah menandakan dia dilahirkan jadi orang paling “GOBLOK” dan “BEGO”

      john


      • Apakah kementerian kominfo mempunyai kewenangan mengeluarkan keputusan tentang pengakuan organisasi publik atas nama pemerintah ??
        setau saya kementerian kominfo adalah kementerian teknis yang tidak membidangi kebijakan publik.
        kementerian tsb hanya mempunyai kewenangan teknis dilingkungan tugas dan fungsi nya. Kecuali kalau dibuat dinas orari dan dinas rapi dibawah organisasi kementeriannya.
        yang patut dipertanyakan adalah, apakah permen itu sesuai peraturan perundang-undangan dan mempunyai kekuatan mengikat publik serta tidak melanggar aturan yang lebih tinggi ??
        mari kita tunggu hasilnya, yang penting mari kita bermartabat/beretika dg tidak perlu memojokkan orang lain dengan mencari cari kesalahan.
        tidak bisa dibayangkan apabila suatu saat permen yang anda bangga-2kan itu dicabut oleh institusi terkait. apakah kemudian silaturahmi harus terus saling mengejek ? inikah bentuk pergeseran anak bangsa indonesia ?? kasiaan sekali kamu peng !!!
        yang pasti aq bukan bagian dari anak bangsa seperti itu ………….


    • peng

      lama-lama gw baca tulisan lw koq kaya tulisan orang gila yang engga punya nalar sehat dan engga punya nalar pendidikan.

      lw tau engga orari berdiri tahun 2009 itu ORMAS, rapi berdiri tahun 200… itu juga sejenis ORMAS. lebih dulu rapi dilegalkan baru orari tahun 2009.

      coba lw pikir, apa iya orari ormas bisa diakui pemerintah ?
      lw tanya sama pemerintah, orari/rapi yang mana yg dimaksud oleh pemerintah.

      kalau lw bisa tunjukin jawaban pemerintah, lw jadi anak agak cerdas (masih tolol), kalau tidak bisa memberikan jawaban maka lw tolol dan pandir


      • weelahh, uda sy bilang silahkan aja coba. Anda tau sejarah toh? seharusnya lbh ngerti gt. Wktu itu emang blom ada wadah yg diakui oleh pemerintah dalam hal penggunaan Amatir Radio dan KRAP, la skrang uda ada tp BSI mo buat seolah2 ndak ada wadah, piye toh mas…

        Negara menjamin kebebasan berserikat, tetapi dalam kebebasan itu hrus jg menjaga kebebasan org lain.

        Coba liat Visi, misi dan latarbelakang BSI!!
        Jelas2 gk ada manfaatnya, karena uda ditampung dn difasilitasi melalui ORARI dn RAPI. Blum lg pemakaian Call sign yg menyalahi aturan Internasional.
        Begitu lho mas yg pinter….
        dr sy yg gile…..


  18. Cuma mau numpang tanya saja kepada BSI :
    1.Kalau BSI tujuannya untuk aktifitas sosial kenapa di Yahoogroups anda masukkan dalam category Amateur and Ham Radio ?
    2.Anda bilang YZ adalah kode panggilan lalu bagaimana operating prosedurnya bila seorang anggota BSI memanggil sesama BSI di udara ?
    3.Lalu apa bedanya kode panggilan dengan callsign?
    4.Apakah BSI akan mendorong anggotanya untuk mematuhi hukum yang berlaku di NKRI yaitu setiap penyelenggara telekomunikasi harus berijin ? (Lihat UU Telekomunikasi th 1999 pasal 11)

    Maaf2 saja kalau BSI hanya sekedar menampung para pengguna frekuensi yang tidak berijin ini sama halnya seperti perkumpulan para sopir yang tidak punya SIM.


    • bung daryono, sayogianya kita menggunakan media ini untuk sharing wawasan pemikiran. artinya kalau ada yang perlu diluruskan mari kita luruskan dengan memberikan solusinya.
      kalau hanya sekedar mencari celah kelemahan orang kemudian terkesan anda paling bisa dan paling ok pola pikirnya……… anda SALAH !!
      anda ingin saya cari kelemahan tulisan anda ? sudah siap dipermalukan ? karena kalau bicara hukum kiranya berhati hatilah, bisa menjadi bumerang nanti.
      mari jadi anak bangsa yang cerdas dan cerdaskan anak bangsa indonesia


      • Bung John , kalau anda tidak bersedia menjawab pertanyaan saya ya nggak apa apa.


  19. Bung john, itulah maksud saya, kalo permen itu ternyata nantinya dicabut itu sdh lain hal,bahkan anda2 di BSI silahkan mengajukan diri spy bisa masuk dalam kategori hal KRAP atau Amatir Radio. Silahkan gunakan perangkat/ aturan yg ada tp jangan mengada-ada, ibaratnya anda sdh diberikan jalan tol yg luas dan lancar tp malah milih jalan semak2 yg menuju jurang.


  20. Dua organisasi saja gak habis2..eeehhh lha kok mau muncul organisasi lagieee eedannn tenan…wis san soyo semrawut frekuensine yooo mas masss…mbok wis dadi komunitas wae malah aman ora okeh sing protess…


  21. ngopo tooo dadi wong kok ngoyo…huahahahah
    arep dadi briker peng2an yooo wkakkakakaka


    • kita ini dinegara demokratis, warganya diberikan kebebasan berserikat untuk maksud damai.
      biarin saja lah, koq ngoyo baru ada organisasi baru. uruslah organisasi mu dulu. ndak suka BSI silahkan keluar dari sini. koq repot.
      jangan paranoid lahhhhh……….
      organisasi mu masih perlu orang kaya kamu, yang sukanya drewillll.
      ndak usah disini bahhhhhh……..!!!!
      jangan jadi teroris di organisasi orang lainnnnn
      kalau masih muncul juga, namanya tidak tau diri kamu ya,


      • Organisasi yang isinya penuh dengan orang-orang yang gak mau taat hukum ya mas? Orang-orang yang takut kena pajak, tetapi doyang mengunakan fasilitas yang disediakan negara ? Gitu ya mas.

        Ini bukan masalah organisasi yang sudah ada beres atau tidak beres, tetapi ini masalah disiplin warga negara yang seharusnya dibabat habis, kok malah difasilitasi. BSI memfasilitasi orang-orang yang tidak taat hukum.

        Organisasi gak genah kaya gini kok dibiarkan. Hoiiii para penegak hukum, tangkepi semua orang-orang gak genah ini, jangan hanya menjadi penonton aja !


  22. huhahah sing sabar mas sante sante karo pikirane adem nggih mboten ngangge glusa glusu….kulo mboten gawe kisruh mas…namung prihatin mawon kulo niki netral mboten mihak organisasi ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ,lha wong kulo nggih radio kolongan mass…


  23. mau tanya nich pendaftaran anggota BSI wilayah jogja dmn ya alamatnya dn kontak person yg bisa dihub dgn sp?dan biasa rekan2 BSI klo muncul di frek brapa boss minta infonya skalian tnx from Lik Tarjo Gambless Jogjakarta


  24. VISI & MISI .

    BATARA SAKTI (Kerabat Dirgantara Sahabat Karib Sejati) INDONESIA merupakan wadah secara Nasional dari para pengguna frekwensi radio , baik para Amatir Radio , Komunikator, Paguyuban / Komunitas maupun para simpatisan pengguna frekwensi radio.

    KEANGGOTAAN

    Anggota BATARA SAKTI INDONESIA adalah semua warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat seperti diatur didalam Undang-undang Telekomunikasi Indonesia.

    Di Visi&Misi menjadikan wadah buat para pengguna frekuensi yg nggak punya ijin tapi di Keanggotaan harus mensyaratkan memenuhi syarat UU Telekomunikasi , apa nggak bertolak belakang itu ?


    • mung Bejo bingung kok dipikir,di Rapi di afkir
      bikin batara sakti,nanti batara sakti bingung
      bakul repeatere mbingungi


  25. Lha mas hari gini msh ada aja yg ideot,ga beda sm “Teroris/FPI/FBR, dll” mau bikin negara semau gw.
    semua ada aturannya mas!kalo mau tinggal di NKRI,kalo yang terpelajar ga ya sudahlah ga usah dicomment lagi bagi yg waras diam aja sdh ada bagiannya,mosok sih yang berkepentingan diam aja.


  26. call sign nya YZ ya…. Bagus tuh…
    kalau dapat callsign YZ duh senengnya serasa kembali ke Yugoslavia…


  27. wah jaman sekarang ada2 saja wkwkwkk mentang2 negara sdh direformasilah,demokratislah setiap orang atau kelompok bisa aja bikin partai,organisasi,komunitas dll lha ini….malah koyo partai wae huahhahah berarti besok pasti akan muncul lagi organisasi2 yg semacam ini mendingan besok bikin negara radio saja yo to hahahahh biar semakin nyremilih kayak gurem…


    • bagong, coba anda diem sebentar terus mikir pakai otak dan nalar yang sehat. tapi kalau sakit tidak usah nulis disini, nanti ketauan gobloknya.

      undang-2 NKRI memang memberikan kebebasan berserikat bagi warganya. koq dikaitkan dengan membuat negara radio.

      kalau anda tidak suka dg kebebasan berserikat, ya ganti uud 1945 pasal 28 dst nya.

      yg kita bicarakan adalah suatu pencerahan utk hal-hal yang perlu diluruskan, bukan mencari kesalahan kemudian dijadikan utk memojokkan dan mengejek.

      apakah anda selama punya nyawa didunia tidak pernah keliru ?? nabi saja pernah keliru.

      mari bersilaturahmi sbg anak bangsa bukan anak teroris.

      terima kasih


  28. wis wis wis iki organisasi salah kaprah!!!rasah melu2 perlu di waspadai!!!!sing komen oknum2 sing gak tanggung jawab


  29. iyoo mas bagong,bener kui organisasi sing salah kaprah isine wong2 sing ora ngerti masalah regulasi frekuensi,makane waton gawe organisasi wae…kita liat saja gmn perkembangannya apa bisa bertahan lama hahaha…paling cmn anget2 t**i ayam saja…


    • SALAH KAPRAH KEQ, BERTAHAN LAMA KEQ, ANGET-ANGET TAI AYAM KEQ .. APA URUSANNYA SAMA KAMU-KAMU SEMUA.

      APA KARENA TIDAK MAMPU BUAT WEB SITE YA ?

      GINI SAJA, KALAU SALAH KAPRAH APA KOWE KENA KAPRAH ?
      KALAU ANGET-ANGET TAI AYAM, APA KALIAN JADI TAI AYAM ?


  30. comentmu ra berbobot masss ora mutu,ket mau le ngomong masalah undang2 koyo kebal hukum wae koe mas2 hahahahah


  31. mau bikin organisasi pake UUD45 segala yaaa???


  32. kamto, jiwo, openg, flash and kutil !!!

    coba awakmu baca seko ndhuhur, sing mulai ngomong masalah undang-undang sopo ! sopo ! ???

    eidan kowe kabeh, lah wong buat wibe site enggo pertemanan koq disindir-sindir segala.

    gowo=gowo nama orari karo rapi barang !! ITU barang disebut

    eee gowo permen permen biang aneh….

    wiss metu teko kene, aq ra gendong nasib karo awakmu koq !!!

    biang anehhhhhhh !!!!!

    otak koq didengkul !!!! kuabehhhhh !!


    • aduhhhh nggerrrr
      mbok ya sing santun, ngono yo ngono jo ngono.
      iki kabeh worgo negora sing duwe budaya
      debat ya boleh, tapi mbok debat sing apik bahasanya

      pakde sosro


  33. “Karena itulah BATARA SAKTI Indonesia mewadahi semua unsur pengguna frekwensi radio perorangan , baik yg Izinnya masih valid maupun yg belum berizin untuk beraktivitas sosial bersama dalam suasana kebersamaan , kesetaraan , saling menghormati dan saling menghargai”.

    Inilah pernyataan yg sangat berbahaya dr BSI :”Mewadahi pengguna frek. radio perorangan baik yg Izinnya masih valid maupun yg belum berizin”

    Mengacu UU telekomunikasi :” Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan orbit Satelit wajib mendapatkan izin dari Pemerintah”

    Jangan sampai BSI menyesatkan anggotanya yg blum mendapatkan izin penggunaan frek. Radio sehingga merasa berhak menggunakannya, karena sanksi nya Pidana. Jadi : ” HATI-HATILAH KAMU…!!!!”


    • Nah si openg metu menehh
      ben wae lah BSI mau mewadahi sopo wae, urusan BSI koq si openg repot.
      mau enggotanya tersesat ya biarkan saja.
      saiki mbok ngurusi yang engga pake helm kalau pake motor, itu juga pidana krn melanggar UU lalu lintas piye peng.
      turun ke jalan nyetopin motor yang pengemudinya engga pake helm, engga pake sen, dll. bilang ini melanggar UU kena pidana.
      masih banyak warga negara yg langgar aturan.
      yang sesat juga banyak..ditempat lain.
      openg mbok tau malu lah….. kalau engga suka BSI ya pergi saja dari sini.


      • weleh, sy kasih kritik dan saran spy jgn asal2 bikin organisasi yg akhirnya bisa menyesatkn orang lain, kasian mas, klo mo sesat sendirian ya gpp gt jd gk merugikn dn membahayakan org lain.
        Yo wis lah, uda cukup kyk nya sy disini, smua uda sy sampaikan, tks…..


    • @openg. wah pertanyaan gampang dari gue aja belon elo jawab, ini udah cari gara-gara lagi. kacian dech loe, peng. cetek otaknye. qqqq


  34. openg,
    kritik boleh-boleh saja, cuman SARANNYA mana ?? yang ada KRITIK dan MENGEJEK serta MENGANCAM terakhir men-TEROR.

    ya memang orang kaya openg, tidak lama-lama disini.

    selamat jalan openg, semoga openg diterima disisi yang terbaik di luar, bagai yang ditinggal disini agar diberikan ketabahan iman, amien


    • gw cabut, loe baru nongol, hehehe..


      • PENG !!!
        LOE KAYA JAGOAN KANDANG SAJA, KALAU LOE KONSEKWEN COBA LOE BUBARIN “BSI” KALAU BERANI. JANGAN BISANYA NULIS DISINI, BUAT LAPORAN SAMA POLISI, ATAU SAMA SIAPA SAJA UNTUK BUBARIN BSI, ATAU KITA KETEMUAN SAMA REKAN-2 “BSI” UNTUK DISKUSIKAN KRITIKAN KAMU ITU. KALAU ENGGA BERANI KETEMUAN SAMA KITA (BSI), NAMANYA LOE BANCI,,,,,,,,,,
        SOESANTI EDDY, KAUMAN JOGYA


  35. Mas ayo mbok do diteruske le do padu aku tak nonton wae soko kene lha luih apik timbang nonton jathilan je B-)


  36. Kalau yang namanya menggunakan frequensi radio itu sudah diatur undang-undang. Jika tidak memenuhi ketentuan undang-undang yang berlaku, itu namanya melanggar. Dan bagi setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku pasti ada sanksi. Terlepas apakah sanksi itu diberlakukan secara ketat atau tidak oleh aparat penegak hukum.

    Lantas kalau BSI mewadahi mereka yang doyan melanggar undang-undang sekaligus juga mewadahi yang taat undang-undang, itu sah-sah saja. Lantas bagi mereka yang mengibarkan bendera BSI bukan lantas mereka kebal hukum. Bagi yang melanggar akan tetap kena sanksi.

    Saya pribadi sih merasa malu jika ikut geng pelanggaran ini. Walau izin saya masih aktif saat ini. Lha wong melanggar undang-undang kon bangga ?


    • bejul yang merasa malu kowe toch ?
      lah kita engga malu koq ? koq repot !
      urus awakmu saja, engga usah pamer kemintermu disini.
      mau jadi pahlawan engga usah cari disini, mau cari nama jadi pahlawan pengguna freqwensi laporin saja yang trak-trakan pakai power besar. Kamu bawa polisi dan jaksa tangkap operator trak-trakan menggunakan power besar apa sesuai dengan ijin yang diberikan pemerintah,sekaligus sita peralatannya apakah ada ijin penggunaan peranggkat radio komunikasinya ???
      nah itu baru bejul……… jangan isone nulis thok, dengki dan iri.
      MALU LAH JUL, MAU MERASA BENAR SEMENTARA DIDEPAN MATAMU ENGGA BISA DIBENAHIN UTK IKUT UNDANG-UNDANG.
      KECIL TEMEN OTAKMU


  37. nah ngno kui lho mas..
    sip sip sip ayo ayo diteruske le debat le padu XD
    yang dari BSI jangan mau kalah
    yang dari RAPI/ORARI juga ayo serang terus
    untuk kedua pihak jangan ada yang mau menyerah,
    okeee??

    SAPPARATOSS…. BLANK!
    PRO LOVE! B-)


  38. endank, kita BSI tidak pernah nyerang tapi diserang sama oknum-oknum yang katanya dari orari dan rapi.
    aq yakin mereka bukan atas nama organisasi, tapi mrk hanya orang-orang usil dan dengki dan sok tau serta tidak punya nalar.
    kalau mereka waras tidak usah kritik saja bisanya, tidak suka ya tinggalkan web site BSI. urus saja dirinya sendiri. segala resiko BSI tanggung jawab. koq mereka repot.
    mau jadi penegak hukum ya jadi polisi atau jaksa saja, tuntut BSI kan selesai.
    soal nyerah atau tidak nyerah bukan urusanmu endank, jangan jadi provokator lahhhhh.
    soal pelanggaran undang-undang sudah ada petugas yang nanganin, atau laporkan saja BSI, kelar !
    mau cari orang salah ? nongkrong saja dipinggir jalan banyak pengguna motor melanggar lalu lintas, atau dipinggir rel kereta api depok jakarta, stop kereta api yang bawa penumpang diatas kabin. teriak-teriak saja disana, bilang mereka melanggar undang-undang
    mau jadi penegak hukum jangan tanggung.


    • wah, yasudah berhubung disini sudah mengandung nilai kekonyolan yang cukup tinggi,
      lha mas mas nya juga lucu og lhawong disini tu t4 buat nulis2 curhat kog malah ngomongin undang2 lah polisi lah pengendara motor lah kereta api lah
      kog lama2 jadi ndlewer kemana2
      yah gimana ya namanya curhat pasti yo alay

      rakyat sudah lapar hingga sakit maag akut kog ya masih pada dibikin bingung

      SAPPARATOSS…. BLANK!
      VIVA PRO LOVE! B-)


  39. endank kamu mau curhat bukan disini !!! dasar ember !
    coba kamu baca tulisan kamu yg nulis “jangan nyerah” tulisan apa itu ! tulisan provokator tau !
    eh ngelantur koq tulis lapar-lapar segala …. apa urusannya disini
    gila kali kamu ya ? nulis koq engga ngarah….. ngalor ngidul. dasar pandir kamu endank !
    baru bisa main internet di warnet bayar jam-jam an kali ya.
    rakyat lapar engga ada urusannya dengan BSI, dasar GOBLOK


    • maaf mas saya gag mau curhat justru saya mengira semua postingan disini dari awal cuma curhat lhawong bahasanya aja dah kayak gitu
      neg pancene ngerti yen padu ki gampang dikompori gampang diprovokatori yo rasah padu mas
      tuntunane kan nang suwargo ki ra oleh padu neg pengn padu nang neroko lho…
      neg dipikir mas e le ngmong yo ra ngarah kog ket awal tp rapopo, cen aku goblok rawaras kog mas sing penting mlebu suwargo…..

      insyaf mas mumpung jeh ono wektu,,
      ijek syawal…

      SAPPARATOSS…. BLANK!
      VIVA PRO LOVE! B-)


      • dank….. lagakmu koyo wong paling suci neng pasti mlebu suwargo… wellehhhhh

        bacak sek posting mu sing awal…. postingmu iku posting teroris !!

        coba awakmu baca seko awal tulisan posting disini, belum-2 sudah di bilang dagelan lah engga ikut aturan lah… kaya tidak punya budaya santun dan etika. tulisannya koyo sing paling bener, sok ngajarin barang.

        mereka tmsk awakmu, dari awal sudah menempatkan BSI sebagai musuh.

        kamu ndank yang mesti insyaf atas kelakuanmu (baca lagi postingmu awal). koq kaya engga punya NALAR kamu ndank ?

        dibalik-balik…gayamu koyo wong ora pendidikan !

        awakmu engga suka BSI semonggo keluar dari webs site ini, bawa teman-2mu itu juga.

        kita mau tenang dan tidak perlu nasehat dan pendapat, semua resiko kita yang tanggung, kowe ra usah sibuk posting-2 barang apa mau jadi celebritis konyol ?

        anda tidak suka, ya lapor kepada pihak berwajib atau tuntut kita… koq susah.

        gembel >>> sentul


  40. perilaku pengguna radio di indonesia itu sudah sering di complain negara lain karena tdk sesuai regulasi dunia komunikasi yang berlaku international… kalo kita bikin wadah baru dengan aturan sendiri yg keluar dari pakem yg sudah ada… gimana image kita yg sudah jelek ini..


    • yang buat rusak itu berawal dari anggota oranisasi yang merasa dilindungi regulasi, organisasi yang dapat amanah regulasi tidak mampu mengendalikan anggotanya dan tidak mampu mengkelola tugas dari regulasi yang dipikirin cuman iuran, biaya broker dapatin ijin………ya inilah kejadiannya.
      kemudian anggotanya seenaknya tidak menghargai organisasinya karena organisasi sudah dibeli. ditambah organisasi tidak mempu melakukan pembinaan, jadi yang membuat image rusak negara ini adalah anda-anda yang lebih dulu bermain. jangan SOK MENASEHATI DAN MERASA BENAR SENDIRI. SOK PALING MENGERTI REGULASI, SOK MENYALAHKAN ORANG LAIN.

      BENAHIN DIRI SENDIRI DULU, KASIH CONTOH YANG BENAR.

      Kita-kita ini hanya generasi penerus melihat contoh yang sudah ada,
      COBA LIHAT DIRI KALIAN SENDIRI, BACA REGULASI YANG BENAR… IZIN POWER OUTPUT PANCARAN BERMAIN DI ATAS NYA (TREK-TREKAN). PUNYA PERALATAN TIDAK ADA IZIN PERANGKATNYA

      MAU JADI PAHLAWAN REGULASI ??

      TAU MALU LAH KALIAN..

      COBA KALIAN MEMBERI CONTOH LEBIH DULU PAKAH SUDAH IKUT REGULASI ? MISALNYA MEMANCAR DENGAN ATURAN REGULASI ? PERALATAN YANG KALIAN PAKAI DILINDUNGI REGULASI ?

      KASIH CONTOH 100 PERSEN ANNGOTA ORGANISASI YANG KATANYA PUNYA REGULASI MENGIKUTI REGULASI.

      KALAU TIDAK MAMPU, YA URUS DULU DIRI KALIAN.

      JELAS ?? KALAU TIDAK JELAS….JADI GEMBEL SAJA KALIAN


      • iya mas. bener itu. coba itu mereka suruh dengerin 3,770 Mhz (group kucing garong) dan 3,800 Mhz. atau di 11,415 dan 11,425. baru deh ngomongin soal pelanggaran frekuensi. ngga tau malu. atau paling-paling cuma punya icom IC-2N tapi gaya. qqqq


  41. Kalo baca postingan BATARA SAKTI kok jadi ketawa ya…Sepertinya orang berpendidikan semua tapi kok gak pada ngerti aturan yang dibuat negara ( negara yang di bodohi apa memang bodoh orangnya ya ? ) Kwek kwek kwek kwek


    • GEOL !!!
      KALAU BACA POSTING DARI AWAL, JANGAN DARI BAWAH ITU NAMANYA BARU BERPENDIDIKAN. ARTINYA MELIHAT MASALAH DARI AWAL
      SAYA BUKAN ATAS NAMA BATARA SAKTI, TETAPI SEBAGAI SIMPATISAN.
      KALAU MAU JADI PAHLAWAN MEMBELA ATURAN NEGARA, JADI DULU NEGARAWAN, JANGAN JADI PROVOKATOR ATAU TERORIST !
      BSI HANYA SEDERHANA MENCARI FORUM, KALAU ADA KEKELIRUAN BUKAN DISINDIR, DIKRITIK, DIJELEK-JELEKIN……… KAYA MRK PALING BERSIH TIDAK PERNAH MELANGGAR ATURAN NEGARA SAJA !!!
      MAU KETAWA YA SILAHKAN SAJA…. ASAL TAU TEMPAT BISA-BISA KAYA ORANG GILA… APA MEMANG SUDAH BERPOLA PIKIR ORANG GILA ??
      BICARA ATURAN NEGARA PASTI ADA SANKSI KALAU MELANGGARNYA….. YA BIARKAN SAJA TIDAK PERLU DIINGATKAN BERLEBIHAN, CUKUP DIINGATKAN DENGAN PENDEKATAN BUDAYA DAN SANTUN.
      KALAU PENDEKATAN TIDAK BERBUDAYA DAN AROGANSI, KITA JUGA BISA BERBUAT YANG SAMA YAKNI TIDAK BERBUDAYA DAN AROGANSI, SEBAGAI SIGNAL BAHWA INILAH CONTOH KALAU MEREKA SUDAH MELAKUKAN LEBIH DULU.
      MAU GAYA BERPENDIDIKAN ?? YA AWALI DENGAN GAYA BERPENDIDIKAN… JANGAN DIAWALI GAYA AROGAN, MAU MENANG SENDIRI DAN GAYA ORANG SUCI SERTA BERKESAN PALING YANG IKUTIN ATURAN NEGARA SENDIRI.
      MAU KETAWA SILAHKAN……. GEMBEL !
      KALAU KITA CUMAN SENYUM DAN PRIHATIN KOQ ADA ANAK BANGSA BERPOLA PIKIR BODOH !!! SEPERTI ANDA.
      PANTAS RUSAK NEGARA INI KALAU BANGSA KITA DIKADERI OLEH ORANG-ORANG SPT ANDA YANG DIDALAM OTAKNYA HANYA MENCARI KESALAHAN ORANG LAIN, TIDAK ADA OTAK YANG BERUNSUR PEMBINAAN.
      YAAA OTAK UDANG KALI ANDA YA ??


      • tuan johni, anda tidak boleh emosi menyikapi posting disini. memang benar tulisan anda bahwa mereka-mereka layaknya anak kecil yang tidak berpendidikan.

        kalau boleh agak diperjelas bhw mereka yang didalam pikirannya (otak) hanya ingin disebut manusia yang paling ngerti aturan negara, dan merasa mereka lah yang buat aturan negara.

        mari kita kasihanni mereka, krn tidak punya nalar sehat serta nalar pendidikan.

        ya boleh juga kita nyatakan mereka goblog (maaf)….


  42. HEBAT BSI….. COUNTER JAWABANNYA VULGAR… MASUK AKAL… WALAU KURANG SANTUN.

    KALAU SAJA SEDIKIT SANTUN….. DIPASTIKAN “GEMBEL-2″ (MAAF…) AKAN MALU SENDIRI.

    HAYO BSI JAWAB SEMUA TULISAN DISINI DENGAN NILAI PENCERAHAN DAN TENTUNYA ADA KESANTUNAN DAN ARIF.

    NEGARA SAJA BISA SALAH KOQ, CONTOHNYA JAKSA AGUNG YANG DI ELIMINIR “MK”, PRESIDEN NURUT AKHIRNYA.

    BSI HANYA KURANG PENCERAHAN… INI DAPAT DIMAKLUMI… MAJU TERUS BSI.

    BRAVO ….. BSI


  43. Tuan-tuan sekalian,

    mari kita ciptakan silaturahmi yang berbudaya.
    hindari bermain di rana hukum karena kita bukan ahlinya, apalagi membuat tafsir aturan hukum/negara.

    kalau berbicara di rana aturan hukum/negara, kata akhirnya ada dikeputusan pengadilan.

    nah…bagi mereka yang ingin bermain aturan hukum/negara ya laporkan saja BSI ke lembaga penyidik kepolisian atau kejaksaan. tidak elok main tuduh main menyalahkan.

    tidak bagus kalau kita menempatkan diri seperti lembaga kepolisian dan kejaksaan.

    ya … kalau BSI dipandang salah silahkan diingatkan, tidak perlu mengejek dan mempermasalahkan.

    tidak suka ya tinggalkan web site BSI, koq susah.

    BSI tidak mengganggu organisasi lain atau perorangan.

    tidak perlu PARANOID……..

    thank you


    • om doddy
      tull jaenak, alias betul je enak e …….!

      biasalah kalau orang baru punya pengetahuan cetek, baca aturan dipotong-potong apalagi sudah ke cuci otak. taunya freq punya grupnya doang.

      sok bicara aturan negara, dia sendiri melanggar aturan negara…..wuih…
      negara saja bisa salah, lihat contoh keputusan MK, jabatan jaksa agung saja di nyatakan tidak sah ditengah jalan.

      maluuuuuuu dong…. koq belagak kaya pensehat hukum tapi ilmunya cetek.

      mana si OPENG, si GEOL, si endank, si-si-si lainnya. mana tulisannya lagi ?
      ayo laporin BSI biar ditangkep atau diproses di pengadilan…

      tuch ada contoh repeater orari di jatim di laporin ke balom sama dpp nya sendiri, pdhl repeaternya digunakan sama sesama anggota orari di jatim. hiiii hiiiii ribut sendiri hiiii


      • hehehehe hebat ya balom di JATIM yang melaporkan repeater nya sendiri,…. mungkin sumpek aja denger suara ga henti henti 24 jam ga ada perlunya,… sudah kehabisan bahan bicara hehehe horeeeee


  44. Hmmmmmm asyik bacanya,… seperti pak gembluk thing thung,….. sing penting cakap cakap diudara,….. horeeeeeeeeeeeeeeeee BSI,… lanjuuttt
    Semua lanjuuuttt,…..
    wak thung wak thing wak thing thung


  45. Membaca comment teman-2 dari atas sampai bawah , izinkan saya sebagai salah satu pengelola akun FB BATARA SAKTI INDONESIA , ingin menyampaikan Terima Kasih kepada :
    Pemerhati , bang Johni, Pakde Sosro Kauman,teddy , Susanto eddy ,calon anggota , verry dan teman lain yg mempunyai POLA PIKIR CERDAS DAN KONSTRUKTIF , melihat ada sesuatu yg baru dengan CERMAT DAN MENYELURUH (tidak sepotong), jauh dari rasa sentimen dan antipati ….., melihat lahirnya PERKUMPULAN baru yg namanya BSI secara wajar dan proporsional.
    Sebagai Perkumpulan yg baru tentu masih butuh penyempurnaan disana-sini , dan masukan dari teman-2 yg konstruktif tentu kami butuhkan.

    Kepada teman-2 yg hanya melihat sepotong tapi sudah keburu berkomentar negatif tentang BSI , kami juga mengucapkan terima kasih ,tetapi kami tidak akan menanggapi agar komentar tidak berkembang menjadi debat kusir yg tidak ada manfaatnya ….. karena komentar2 anda yg sedemikian miring / negatif terhadap BSI sudah menunjukkan KETERBATASAN POLA PIKIR DAN PENGETAHUAN ANDA.

    Kelahiran Perkumpulan BSI adalah sebuah keniscayaan yg dijamin oleh UUD 45 dan tidak bisa diprotes oleh siapapun …. YZ… adalah Kode Keanggotaan , bukan callsign… dan tidak ada pula Undang-2 yg melarang sebuah Perkumpulan memberikan Kode Keanggotaan pada para anggotanya.

    Kalaupun YZ…. dipakai untuk berkomunikasi , itupun tanggungjawab pribadi antara pengguna dan pembuat regulasi… dan regulasi spt Kepmen , Permen dll… bukanlah sesuatu yg mutlak , tetapi bisa berubah mengikuti keadaan yg berkembang di masyarakat
    Contoh kongkret :
    Sebelum lahirnya UULL no.22/2009 , menyalakan lampu besar disiang hari salah-2 bisa ditilang pak Polisi , krn Lampu besar dinyalakan siang hari hanya untuk keadaan darurat….. sekarang malah sepeda motor diharuskan menyalakan lampu besar disiang hari ketika berada di jalan raya.

    Kepada teman-2 yg bersimpati dengan kehadiran BSI dan berkenan bergabung , kami sangat berterima kasih …. BSI didirikan tidak untuk menyaingi , menandingi atau memusuhi yg sudah ada , tetapi untuk MEWADAHI para pengguna frekwensi ,yg pada saatnya nanti tentu akan berkoordinasi dengan Regulator untuk meminta solusi atas sebuah kenyataan yang ada dan berkembang .

    Sebagai Info , dua bulan sesudah didirikan BSI memiliki anggota sekitar 2000an (yg valid), tersebar di 16 Propinsi diseluruh Indonesia …. apabila nanti sudah mencapai 5000an (mdh-an akhir 2011 tercapai)…. tentu kami segera koordinasi dengan Kominfo.

    Terima Kasih,
    Mulyana


    • nahhhhh ini benar………..
      aq daftar jadi anggota BSI
      yang engga suka BSI, silahkan pergi jauh-jauh dari sini. urus saja organisasimu endak usah urus BSI.

      hidup BSI


      • Terima kasih mas Verry , anda berkenan bergabung di BSI.
        Silahkan anda kirim email ke : batarasakti.indo@yahoo.com , nanti akan direspon dengan baik oleh teman-2.
        Silahkan juga berkunjung ke FB….BATARA SAKTI INDONESIA.
        Salam SATU HATI SATU JIWA


  46. terima kasih mas mulyono……….. prinsipnya kita warga negara yang berdaulat mempunyai hak asasi. soal salah dan benar dan kalau mau di argumentasikan mari kita kepengadilan bukan diadili disini, karena tanggung jawab melekat kepada pelakunya bukan kepada yang hanya bisanya mengkritisi.
    Sejarah adanya radio siaran komersial, radio komunikasi amatir, dan radio komunikasi antar pendudu, SEMUA berangkat dari pancaran radio ILEGAL, yang kemudian ditampung dalam regulasi, SEPERTI RSNPI, ORARI, RAPI.
    Jadi BSI dimungkinkan berada didalam regulasi khusus…. yang banyak mengkritisi itu adalah orang-orang yang tidak mengetahui sejarah.
    selamat berjuang…..
    salam SATU HATI SATU JIWA.


    • nih saya copy paste yaaaa :
      ………Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur Fajar Arifianto Isnugroho menambahkan, sebelumnya ada 400 lembaga penyiaran yang mengudara tanpa ijin. Tapi belakangan 300 di antaranya bersedia mengajukan ijin siaran. Adapun sisanya akan ditertibkan karena berpotensi menganggu. “Kami sedang mencari formulasi yang tepat untuk menertibkan siaran tanpa ijin itu, karena ada di antaranya yang dimiliki pondok pesantren,” kata Fajar. KUKUH S WIBOWO………..
      —————-
      ARTINYA KETUA KPI JATIM MEMBERIKAN SOLUSI AGAR MENGAJUKAN IZIN…. BUKAN MAIN TUDUH MAIN SALAHIN MAIN JELEK-JELEKIN…. DAN JUGA MENCARI FORMULASI.
      INI YANG TIDAK PUNYA KEWENANGAN APAPUN DAN CUMAN BISANYA POSTING CARI KESALAHAN ORANG, LAGAKNYA KAYA PENGUASA SAJA…. COBA YANG SUKA POSTING DATANG KE PONDOK PESANTREN YANG TANPA IJIN DAN TERUS NGOMONG DISANA BAHWA PONDOK PESANTREN SIARAN ILEGAL MELANGGAR ATURAN NEGARA, DST NYA.
      TERUS SEGEL ITU PERANGKATNYA SERTA PENGELOLA DITAHAN.
      ATAU DATANG SAJA KERUMAH SAYA JL. NGAMPILAN NO. 16 A JOGYAKARTA, SAYA PUNYA PERANGKAT ILEGAL SILAHKAN SITA.
      KALAU ANDA JANTAN..>>>>DITUNGGU
      KECUALI KALAU ANDA PROVOKATOR ATAU TERORIST !!!

      ADA RADIO FM YANG SIARAN DI POLDA TANPA IZIN KENAPA TIDAK DI SITA ???


      • PATHUL…. ANDA JANGAN JADI BANCI HANYA BISANYA NGE – LINK SAJA.
        JANTAN LAH…. AQ SUDAH NINGGALIN ALAMAT RUMAH MARI KITA DISKUSI JANGAN JADI SETAN YANG TIDAK BERANI MENYATAKAN JATI DIRI.


  47. @ mas VERRY & mas DEDEN
    Terima kasih kepada anda berdua dan juga teman-2 lain yg memandang dengan CERDAS & PROPORSIONAL atas kehadiran Perkumpulan BSI.

    Ide Dasar teman-2 dari Yogyakarta, Malang , Pangkalanbun (Kalteng), Jakarta yg pada tgl. 25 Juli 2010 membentuk BSI memang berangkat dari KEPEDULIAN (apapun yg melatar belakangi) atas sebuah kenyataan yg ada pada “masyarakat” pengguna frekwensi , bahwa yg belum / tidak berizin jumlahnya jauh lebih besar dari yg berizin , padahal itu sebuah POTENSI SOSIAL yg apabila DIWADAHI dengan persyaratan yg TIDAK RUMIT tentu akan bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah.

    Resiko dari MEWADAHI atau membuat WADAH BARU tentu akan timbul , yaitu adanya RESISTENSI , terutama dari “ORANG-2 DENGAN WAWASAN / PENGETAHUAN TERBATAS” yang keburu MERASA SOK TAHU , apalagi kalau ketumpangan rasa Iri , Takut , Sentimen pribadi dst…. dst yg serba Negatif , pasti akan kasih koment MIRING & BERNADA MENYERANG , walaupun “serangan” tsb tidak akan ada artinya apa2 bagi BSI.

    Kalau ditingkat Regulator (Kominfo , Balmon) sendiri kami yakin , munculnya Perkumpulan BSI tentu akan disikapi sebagai sebuah fenomena yg berkembang dan perlu dicermati dengan baik dan hati-2 , tidak akan bertindak gegabah dan serta merta , karena kenyataan , Izin komunikasi Perorangan berupa IAR dan IKRAP masih belum mampu mengakomodir sebagian besar pengguna frekwensi.

    BSI sendiri , ketika anggotanya sudah cukup signifikan (sekitar 5000an atau lebih) pasti akan berkoordinasi dengan Kominfo untuk bisa dicarikan solusinya …… dan kami yakin , Kominfo akan memberikan SOLUSI YG BAIK , karena misi BSI itu sendiri juga baik.

    Salam SATU HATI SATU JIWA,
    Mulyono,


  48. Mas Mul, maaf saya agak emosi melihat posting yang hanya mencari cari kekurangan orang. Merasa dirinya malaikat yang paling suci di dunia.
    orang tsb yang ada dibenaknya adalah IRI, DENGKI, BODOH, TIDAK BERAGAMA, TIDAK BERBUDAYA.
    orang itu dipastikan orang yang tidak punya komunitas yang beragama dan berbudaya, kalau dia punya komunitas dipastikan komunitas terorist dan provokator. kenapa dia tidak posting ada jaksa agung ilegal ? dan satu2-nya negara yang tidak punya jaksa agung beberapa hari,
    atau posting pemilik iZIN PERORANGAN yang jadi BANKOM LEBARAN (kasian dech) kaya engga baca permen 33/2009 saja. atau posting pertemuan pemilik iZIN PERORANGAN yang isinya cuman dangdutan, jualan kaki lima,
    atau bisanya cuman NARIK IURAN SAMA JADI BROOKER IZIN PERORANGAN ATAU BROOKER JUAL ALOKASI PANGGILAN.
    dia takut kalau ada organisasi lain karena usaha CALO IZIN berkurang,
    PARANOID………….!!!!…
    mereka sudah dibilang kalau tidak suka BSI ya pergi saja tidak usah disini,,,,,, tapi rupanya “BEBAL” tetap saja bercokol dan tidak tau “MALU”, memang otak terorist dan banciiiii………


  49. Yaa mas DEDEN , tapi sangat manusiawi kok mas Deden.

    Kami sangat memahami bila kemudian ada emosi,karena memang tidak pada tempatnya seseorang keburu “memvonis” bahwa Perkumpulan baru yg namanya BSI itu melanggar ini , itu …. dst…dst nya….. Memperolok kehadiran BSI sementara PENGETAHUAN DASAR mereka sendiri masih sangat minim.

    Kalaupun toh dianggap melanggar , itu juga bukan urusan mereka (urusan Regulator dgn BSI) , lalu kenapa mesti SEWOT dengan kehadiran BSI ??? …..

    Mungkin betul kata mas DEDEN , mereka itu PARANOID , dilanda rasa ketakutan yg berlebih….. atau mungkin mereka merasa “rugi besar” dgn kehadiran BSI ???…. kalo memang dirugikan lapor saja ke Polisi…. (berani enggak yaa ???)

    BSI sendiri hadir tanpa menyinggung / memusuhi siapapun …., bagi yg berkenan bergabung tentu kami berterima kasih sekali …. tapi kalo tidak suka ya silahkan menjauh ….. gampang dan tidak repot , gak usah pake sewott he he he

    Terima kasih mas DEDEN atas supportnya.
    Salam SATU HATI SATU JIWA.

    Mulyono


  50. @ mas PEMERHATI…,salam Kenal.
    Terima kasih mas , walaupun kita belum saling kenal , tapi dari postingan anda yang sangat proporsional dan wajar tentang BSI , kami mencoba meraba , bahwa mas PEMERHATI ini pasti seorang ahli hukum yg mumpuni dan berwawasan luas…..

    Moga-moga bila suatu sa’at kelak kami dari BSI mohon petunjuk sesuatu yg berhubungan dengan hukum , anda berkenan to mas ???

    Terima kasih sebelumnya , salam SATU HATI SATU JIWA.

    Mulyono


    • Hallo Mas Mul,

      Wah saya jadi malu kalau dinyatakan ahli hukum, karena pada dasarnya kita semua warga negara Indonesia mempunyai hak dasar sebagaimana dinyatakan dalam UUD 1945 pasal 28 D ayat (1) dimana dinyatakan “setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum”…

      HENDAKNYA SETIAP ORANG YANG MENULIS (POSTING)DISINI TIDAK BERORIENTASI SEBAGAI LAYAKNYA “POLISI/JAKSA” YANG BISA SERTA MERTA MENUDUH, MEMVONIS ATAU MEMBAYANGKAN APA YANG DI TULIS ADALAH SUATU VONIS KEPUTUSAN HUKUM YANG MEMPUNYAI KEKUATAN MENGIKAT PUBLIK WARGA NEGARA INDONESIA.

      Mas Mul, apabila berkenan dan dengan rendah hati serta dengan keterbatasan pengetahuan tentang ilmu hukum, dengan senang hati saya akan memberikan keterbatasan ilmu hukum saya untuk kepentingan BSI.

      Salam SATU HATI SATU JIW


      • Mas PEMERHATI yg baik hati,

        Waaah , sebagai yg ikut merintis berdirinya BSI , kesediaan mas PEMERHATI betul2 kami anggap sebagai ANUGERAH ….., atas nama teman-2 Perintis BSI , sungguh kami sangat berterima kasih atas kesediaan panjenengan.

        Sebagai Perkumpulan Baru kami sadar , pasti akan timbul resistensi2 disana-sini … tapi betul kata panjenengan , TIDAK SELAYAKNYA TULISAN / POSTINGAN BERLAGAK SEBAGAI EKSEKUTOR , bahwa yg mereka posting itu sudah pasti benar.

        Kami tidak akan melayani postingan seperti itu …. karena dari materi postingan sudah menunjukkan KETERBATASAN PENGETAHUAN MEREKA …. dan biasanya kalo dilayani akan berujung pada debat kusir dan umpatan yg tidak ada manfaatnya ….. sementara kalo disuruh LAPORKAN SAJA PADA YG BERWENANG KALO MEMANG BSI SALAH ….. mereka gak bakalan berani …. karena memang hanya posting ASBUN he he he.

        Kami sadar mas PEMERHATI , walaupun BSI didirikan dengan niat baik ,sebagai PERKUMPULAN SOSIAL KEMASYARAKATAN YG ANGGOTANYA TERDIRI DARI PARA PENGGUNA FREKWENSI PERSONAL (agar tidak ada sekat komunikasi bagi yg izinnya masih valid dan mewadahi / menjembatani bagi yg belum berizin — yg ini jumlahnya sangat besar — untuk nantinya bisa punya izin) tetapi pasti banyak hal yg perlu dibenahi , terutama apabila ditinjau dari berbagai aspek.

        Karenanya , kami terbuka untuk menerima saran dari teman-2 , utamanya saran yg positif dan konstruktif.

        Matur nuwun mas PEMERHATI…. SALAM SATU HATI SATU JIWA,

        Mulyono


  51. Ini yg komentar dari tadi Oknum2 semua….mana pengurusnya ayooo ikut andil bagian dong….


  52. Semua yg komentar disini atas nama Person (pribadi/ oknum)…. , seperti anda juga mas ……


  53. kalao orari/rapi ada call-sign yg dikeluarkan pemerintah. dengan kata laen “resmi” bebas swiping.
    bagaimana dengan BSI ?
    kapan anggota dapat nama panggilan “resmi” ?
    Bagaimana ngejawab seandainya ada swipping dr yg berwenang ?


  54. Keanggotaan di BSI juga resmi karena BSI Perkumpulan legal yg ada Akte Notarisnya.

    Kode keanggotaan di BSI tdk ada hubungannya dengan callsign dalam penggunaan frekwensi , karena untuk beraktivitas sosial tdk ada yg mengharuskan punya callsign.
    Hanya memang benar …. BSI akan menjembatani para anggotanya utk nanti (kalo sudah banyak , skitar 5000 se Indonesia), dimintakan / Koordinasi ke Kominfo utk dicarikan solusinya.

    Jadi perlu dipahami bahwa BSI adalah Perkumpulan Sosial yg anggotanya terdiri dari para Pengguna Frekwensi , baik yg punya IAR , IKRAP maupun yg belum berizin , semua diwadahi didalam BSI utk beraktivitas sosial bareng-2.

    Contohnya :
    Saya punya IAR aktif , YC2VBW , tapi utk beraktivitas sosial saya merasa lebih nyaman gabung di BSI … krn tdk ada keharusan khaan ?? pemilik IAR aktivitas sosialnya harus di ORARI atau pemilik IKRAP harus di RAPI ???


  55. maju terus mo…… BSI harus lebih besar… dari Yogyakarta untuk Indonesia


  56. Terima kasih mas Arif (mantan jz12aw)…
    Monggo , kita kembangkan bareng-2 BSI di lingkungan kita masing-2 , agar keberadaan BSI bisa bermanfaat bagi masyarakat….. Salam TUTI SAJIWA.


  57. kapan daftar anggota di upload….. salam TUTI SAJIWA


  58. Gak usah komentar kalau tdk setuju atau kurang setuju. Bravo BSI ….. melangkah lebih baik dan lebih baik.


    • aku setuju lho……
      persenjataan sudah siap, Gunungkidul siap eksis ikut mengembangkan BSI. Teman-temen yang kemarin main di 14.270 langsung “menghilang” ketika kita berikan penjelasan yang sebenarnya…..lebih baik main ditempat lain katanya….ini mebuktikan bahwa temen-temen masih solid dan masih kompak. Bravo BSI…. salam TUTI SAJIWA


  59. Web http://www.batarasakti.com sedang disiapkan oleh admin .
    Mohon bersabar….. , maklum cuman admin sambilan + gratisan , perkumpulan blum kuat bayar admin yg rutin he he he.
    Nanti daftar anggota akan di upload di web BSI.
    Salam TUTI SAJIWA.


    • SIPPPPPPPP…..salam TUTI SAJIWA…..bravo BSI


  60. desember trima surat…


  61. bravo bsi saya sangat setuju dengan ada bsi ….


  62. Selamat kepada BSI 01.05 SLEMAN yg menyelenggarakan jumpa darat Perdana pd Minggu 9 Okt 2011 di SMPN3 DEPOK Maguwoharjo yg berlangsung SUKSES , sekaligus Penyerahan KTA secara simbolis dr 328 KTA anggota BSI Mako 01.05 SLEMAN.

    Bravo BSI SLEMAN !!!


  63. Pertemuan pd Minggu 9 Okt2011 tsb selain dihadiri pula Teman-2 dari BSI Kota Jogja, BSI Bantul, BSI Kulonprogo, ternyata juga dihadiri perwakilan2 dari Paguyuban (CHAPTER) yang ada di DIY seperti Chapter 907 Balerante, Chapter Lowo Rescue , Pareanom , Rescue 328, Rescue Bahari dll yg sebagian terbesar anggotanya juga sudah bergabung di BSI…….

    Bravo BSI….. wadah dari semua komunitas sosial kemanusiaan yang ada di Indonesia.


  64. tambah ruwet aja nih negara, negeri ini makin bubrah, disegala sektor rakyatnya maunya ga ada aturan, ga mau diatur, dari pejabat, polisi, dewan rakyat, sak geleme dewe…. sedih melihatnya…, suap,sogok,kawan-berkawan,sedulur-menyedulur,jegal-menjegal dah menjadi tontonan sehari-hari di negeri ini, entah sampai kapan hal ini berhenti…yah berkuranglaah.

    merekrut dulu sebanyak2nya wadyo bolo, baru mengajukan ijin, klo ga dipenuhi pasti nggrudug rame2 ke ibukota…alias memaksa harus diijinkan.

    sebenarnya ga pakai ijinpun klo didaerah rawan bencana/situasi tanggap darurat sah-sah saja, asalkan tidak mengganggu frekwensi lain alias terbatas memakai pesawat HT di lapangan,
    saya yakin nanti klo dah pada dapat KTA BSI orang yg tidak tau apa-apa tentang penggunaan frekwensi pasti oncor-oncoran pakai power besar untuk berkomunikasi yg sudah tentu bakal mengganggu lalulintas frekwensi, dan klo ditanya orang tersebut bilang “saya sudah ijin mas”. dan saya yakin penggunaan frekwensi ramai manakala ada bencana, nanti klo bencana sudah berakhir,frekwensi juga sepi…seperti dulu waktu masih main di FM..pas ngebooom jg ramai, tp sekarang sepi….mending main internet daripada ngebrig….lebih banyak ilmu disana yg bisa diserap tanpa harus ijin lagi….bahkan yg gratis juga dah ada….

    ok om BSI saya setuju dengan BSI yg mewadahi breaker2 relawan, tapi barangkali diperbolehkan hanya memakai HT saja tanpa antena luar, klo mau komunikasi jauh ya lewat telpon atau RPU atau internet begitu kan?? karena relawan banyak kerja di lapangan bukan duduk manis dibelakang meja, saya sendiri salah satu relawan Merapi yg tiap kali banjir lahar dingin ikut memantau di pinggir kali dengan memakai HT bukan RIG yg terpasang dengan manis di atas meja, jg tergabung di OPRB salah satu wilayah di Magelang.

    salut deh buat ide pembuatan BSI, asal jgn dibawa menjadi PARTAI POLITIK, hahahahaha…


  65. oiya satu lagi om, dipostingan diatas ada tulisan:

    “dan sekarang yang PEDULI atas keadaan tsb adalah masyarakat Indonesia Pengguna frekwensi komunikasi radio , yaitu yg tergabung didalam BATARA SAKTI INDONESIA ….. apakah kepedulian ini salah ???

    Karena kepedulian itu berasal dari masyarakat , tentunya BSI juga akan mengikuti aturan undang-undang untuk mendirikan sebuah PERKUMPULAN dimana hal tsb juga diperbolehkan dan dijamin oleh Undang-undang.

    Dalam waktu yg tidak lama (sesudah segala persiapan tertata beres) BSI akan di Legalkan dengan AKTE NOTARIS , kemudian akan didaftarkan kepada Depkumham untuk di registrasi.

    Pada gilirannya , Pengurus Besar BSI tentu akan mendaftarkan semua warga yg tergabung didalam BSI kepada Kementerian terkait (Kominfo) untuk dimintakan solusinya , dan kami yakin….. Kominfo akan memberi solusi terbaik ………, tidak akan membungkam para anggotanya , apa lagi membumi hanguskan wadahnya.”

    kalo seandainya oleh kementrian kominfo tidak dijinkan dan diarahkan agar para briker tersebut untuk bergabung di ORARI ato RAPI gimana om?? walaupun untuk perkumpulan tetap BSI, jd BSI mungkin sifatnya hanya mengkoordinir briker yg belum berijin untuk mengurus izin penggunaan frekwensi lewat RAPI atau ORARI, karena suka ato tidak suka sampai saat ini hanya 2 organisasi tersebut yg ada.


    • Kalo itu yg terjadi yaa…. terserah kepada masing-2 anggota saja….. Kalo BSI sendiri sebagai perkumpulan sudah Legal (punya akte Notaris). Anggotanya memang boleh dibilang semua pengguna frekwensi , Tetapi BSI itu perkumpulan sosial kemasyarakatan nirlaba , bersifat umum dan tidak berafiliasi dengan politik apapun , sehingga BSI menampung semua lapisan masyarakat baik briker / bukan utk beraktifitas sosial bersama membantu masyarakat lain yg membutuhkan di lingkungan masing-2…. lho rak gampang saja to mas ???


  66. all organisasi apalah namanya, yang penting membangun komunikasi untuk mencari teman, shabat dan sudara…………….
    BRAVO all ORARI, RAPI, BSI dan organisasi-organisasi lainnya


  67. Saya setuju dengan BSI, kenapa sih kreatifitas warga ini dilarang, kenapa harus ada monopoli negara terhadap rakyatnya, ingat “bumi air udara dan isinya adalah untuk senesar besarnya untuk kemakmuran Rakyat”, dalam era ini pikira2 nyeleneh inovatif kreatif sangat dibutuhkan, jangan tebelengu oleh aturan2 robotik yang diciptakan kaum kapitalis yang ingin mmengemudikan dunia dengan segala aturan2nya yang di adop si oleh pemerntah kita, dulu juga kemerdekaan indonesia hal yang tidak mungkin dan dilarang, kejatuhan ordebaru juga haram, jangan jadi status quo, mari kita berfikir merdeka, tapi mari kita juga berdialog, bukan saling “membunuh” .


  68. gate way nya ditunggu, gimana caranya daftar jadi anggota BSI, brafo


  69. BAGUSLAH ADA BATARA SAKTI INDONESIA, BESOK – BESOK KALAU AGAK KECEWA ATAU BAGAI MANA DENGAN BATARA SAKTI ITU SENDIRI UMPAMA, MAU JADI PENGURUS NDAK JADI ATAU MAU CARI POPULARITAS LAGI, MENDIRIKAN WADAH ORGANISASI LAGI.
    MEMANG SAKIT ORANG INDONESIA, MASIH PADA GILA POPULARITAS, GILA JABATAN, ATAU MEMANG GILA DARI SONONYA. SALAM MERDEKA ……..DARI RADIO KUCING GARONG.


    • lha rak metu tenan kucinge garong,pancen tak arep arep


  70. HALO….BSI..MAJU TERUS……….JANGAN TAKUT….NGEBRIK DI INDONESIA BEBAS BOSSS…LHA WONG YANG JUAL RADIO KOMUNIKASI SAJA YA BEBAS…..COBA MARI KITA PIKIRKAN…SAYA JUGA PUNYA IJIN ORARI DAN RAPI TAPI SELAMA PUNYA IJIN TIDAK ADA PENGARUHNYA APA APA..KARENA YG PUNYA IJIN DAN TIDAK SAMA SAJA…PEMERINTAH SUDAH TIDAK MEMPERHATIKAN LAGI…YANG PENTING MARI KITA JALIN KOMUNIKASI YANG TERBAIK DAN BAIK…OK OK OK….


  71. hahaha…aseeeeq…aku sudah punya 2 (dua) call sign..orari dan rapi..sekarang ada BSI..jadi nambah lagi call sign ku..mantaaaab..


  72. kalau saja yg komentar miring itu membaca sampai akhir, tercapailah pencerahan tentang apa sebenarnya BSI itu.
    mohon dikoreksi kalau salah ya dulur2, BSI mnurut pemahaman saya hanya WADAH bagi org2 yg masih punya jiwa sosial tinggi dimana anggotanya (mngkin kebetulan atau yg merintisnya) adalah pengguna frekuensi radio, begitu.
    kalau ditilik dari itu, maka saya rasa perdebatan kusir tadi tak perlu muncul ke permukaan. hanya saran, mohon anggota2 BSI juga tak perlu emosi dalam menanggapi sikap RESISTENSI yang timbul dari “orang2 lama”.

    mohon info nih, kalau di daerah Lampung pake frek berapa ye?
    kalo boleh ane mau standby monitor dulu trus baru deh daftar.

    salam damai


  73. maju trs pantang mundur…….BSI go..go..go….!


  74. Mas ditambahin dong mas daftar wilayah urutan 18 sulsel muh.haris kadir, salmon ba’ru dan alimin dg sarro


  75. Ass, Menurut saya Apapun Organisasinya apapun namanya kalau gak mau bekerja demi masyarakat demi sosial ya ga usah jalan aja sesuai prosedur yang ada asal tidak melanggar peraturan pemerintah …………….. ok and siapa yg lanjutkan kepemimpinan Pak,de bejo nih ………………………………………


  76. mantaaaap dan maju terus bsi, by core natuna.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: